Bermain sebagai stimulasi membaca awal bahasa Inggris pada anak prasekolah

  • Wili Astuti Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Nur Fauziyah Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Rellieve Enka Banufita Universitas Muhammadiyah Surakarta

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui stimulasi membaca awal bahasa Inggris pada anak prasekolah dengan kegiatan Bermain. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pendekatan kualitatif dipilih karena bertujuan untuk memahami fenomena sosial serta dinamika masalah manusia dalam konteks yang alami. Subyek penelitian adalah guru PAUD sebanyak 15 dari 5 lembaga PAUD yang mengenalkan bahasa Inggris pada anak. Penilitian ini mengungkap bahwa 52% dari responden sudah menerapkan bermain dalam stimulasi membaca awal bahasa Inggris pada anak prasekolah, sebanyak 25% melakukan stimuasi membaca bahasa Inggris dengan menggunakan metode selain bermain, misalnya dengan drill atau menirukan. Dan sebanyak 23% melakukan stimulasi membaca awal pada anak prasekolah dengan bermain namun masih terkendala dengan penyusunan materi ajar yang sesuai dan kendala sarana prasana di lembaga PAUD. Bermain aktif seperti bernyanyi, bercerita, menebak bunyi huruf dan games menjadi kegiatan yang lebih disukai daripada bermain pasif seperti menonton vidio dan mendengarkan lagu berbahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena pemahaman guru terhadap kegiatan main, yang lebih condong kepada aktivitas yang melibatkan fisik anak prasekolah.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-06-27
Abstract viewed = 15 times
PDF downloaded = 3 times