Penerapan Media Loose Part dalam Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 4-5 Tahun di TK Negeri Pembina Soe

  • Retno Jeki Krisnadina Lopo Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Rebeka Filda Hawali Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Kaleb Lelo Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Esthysia Okadinta Amnifu Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Abstract

Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan media loose part dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi anak serta bagaimana peran pendidik dalam memfasilitasi penggunaan loose part secara efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian adalah guru-guru TK Negeri Pembina Soe dan anak-anak Kelas A. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media loose part di TK Pembina Soe dapat meningkatkan kreativitas anak usia 4-5 tahun. Hal ini dilihat dari respon dan keaktifan anak-anak dalam proses pembelajaran yang di lakukan pada saat kegiatan pembelajaran di kelas. Penggunaan media loose part dalam pembelajaran mudah di dapat dan pemilihan penggunaan media disesuaikan dengan kebutuhan dan perkembangan anak-anak serta sesuai dengan tema pembelajaran. Media loose part menciptakan kemungkinan kreasi tanpa batas dalam aktifitas pembelajaran dan mengundang kreativitas anak. Menggunakan media loose parts dalam pembelajaran anak merupakan media bahan ajar yang kegunaannya tidak pernah ada habisnya.

Keywords: Losse Part, kreativitas, Anak Usia Dini

Downloads

Download data is not yet available.

References

Isnaini, Indri Dwi, and Mira Pradipta Ariyanti. 2022. “ANALISIS PENERAPAN METODE LOOSE PART UNTUK.” 6(1):113–22.

Layanan, Penerapan, Penguasaan Konten, Mengembangkan Kreativitas, and Belajar Anak. 2020. “Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengembangkan Kreativitas Belajar Anak Berbakat.” 7(2):94–100.

Lestariningrum, Anik. n.d. “No Title.”

Lestariningrum, Anik, and Intan Prastihastari Wijaya. n.d. “No Title.”

(Nurhalizah and Yuwafik 2020)Anak, Pembelajaran, and Usia Dini. 2021. “Loose Parts.” 5(2):24–39.

Nurhalizah, Mevy Eka, and Muhammad Hamdan Yuwafik. 2020. “WOMEN ’ S PARTICIPATION IN THE TERRORIST NETWORK IN THE.” 15(2).

Prameswari, Titania Widya, and Anik Lestariningrum. n.d. “No Title.”

Rahma, Bhertia Annisa, and Deni Setiawan. 2023. “Penerapan Merdeka Belajar Dengan Media Berbahan Loose Part Pada Anak Usia Dini.” 7(4):3991–4001. doi: 10.31004/obsesi.v7i4.4926.

Royani, Ida, and Dadan Suryana. 2023. “Peningkatan Kemampuan Konsep Bilangan Melaui Bermain Ular Tangga Pada Anak Usia Dini.” 7(1):17–26. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3480.

Rozak, Purnama. 2021. “PENERAPAN MEDIA LOOSE PART DALAM KEMAMPUAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI ( Studi Pada Siswa Di Ra Al Falah Badak Kecamatan Belik Kabupaten.” 2:56–71.

Safitri, Dewi, Anik Lestariningrum, and Universitas Nusantara. n.d. “Penerapan Media Loose Part Untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun.” 40–52.

Zulaiha, Dara, and Arif Rohman. 2021. “Strategi Guru Dan Keterlibatan Orangtua Dalam Pemahaman Konsep Sains Anak Selama Covid-19.” 5(2):1248–60. doi: 10.31004/obsesi.v5i2.816.

Published
2025-06-26
Abstract viewed = 22 times
pdf downloaded = 11 times