Perkembangan Sosial Emosi Anak Prasekolah dalam Pengasuhan Ibu Bekerja
Abstract
Peran ibu pada masa anak usia prasekolah memiliki dampak besar pada perkembangan anak. Namun kebutuhan ekonomi dapat menghambat pengawasan dan interaksi ibu dengan anak, terutama pada tahap kritis pembentukan kemampuan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai perkembangan sosial emosi anak prasekolah dalam pengasuhan ibu yang bekerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosi anak prasekolah dalam pengasuhan ibu bekerja tetap mampu mencapai perkembangan. Sebagai rekomendasi, diharapkan ibu yang bekerja tetap menjaga waktu berkualitas untuk berinteraksi dengan anak, melakukan pengasuhan secara baik sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap tumbuh kembang anak.
References
Afrizal, S., & Lelah, P. (2021). Peran Ganda Perempuan Dalam Peningkatan Perekonomian Keluarga: Studi Kasus Pada Perempuan Bekerja Di Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1), 53ΓΆβ¬β62.
Ahmad, B., & Bonso, H. (2022). Dampak Pandemi Terhadap Peningkatan Fungsi Ibu Rumah Tangga Dalam Keluarga (Studi Kasus Ibu-Ibu Wali Murid SD Yapis 2 Samofa Biak Numfor-Papua). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1).
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180ΓΆβ¬β193.
Apriana, R. (2009). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik. Universitas Diponegoro.
Belsky, J., & Pasco, F. R. M. (2004). Exploring marriage-parenting typologies: Their contextual antecedents and developmental sequelae. Developmental Psychology, 16, 501ΓΆβ¬β523.
Berns, R. A. (2011). Child, Family, School, Community, Socialization, and Support. Cengage Learning.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77ΓΆβ¬β101.
Colombo, J., Gustafson, K. M., & Carlson, S. E. (2019). Critical and Sensitive Periods in Development and Nutrition. Annals of Nutrition & Metabolism, 34ΓΆβ¬β42.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 181ΓΆβ¬β190.
Dulock, H. L. (1993). Research Design : Descriptive Research. Journal of Pediatric Oncology Nursing, 154ΓΆβ¬β157.
Fitriya, A. (2022). Pelaksanaan Penilaian Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Siti Khodijah Karangrowo Wonosalam Demak. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35ΓΆβ¬β55.
Frankenburg, & Dodds, J. (2012). Manual Denver II. Inska.
Handayani, A., & Munawar, M. (2015). Work-Family Balance and Quality of Parenting in Optimizing Children Development. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 4(1), 11ΓΆβ¬β18.
Ismiatun, A. N., & Suryono, Y. (2019). Pengaruh pengasuhan ibu yang bekerja terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di kabupaten purbalingga. Al-Abyadh, 2(2), 70ΓΆβ¬β81.
Kumalasari, E. P. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah: Sebuah Kajian Literatur. Journal of Health Science Community, 3(1), 73ΓΆβ¬β77.
Leedy, O. (2010). Practical Research : Planning and Design. Pearson Education Inc.
Lestari, D. (2016). Eksistensi Perempuan Dalam Keluarga (kajian peran perempuan sebagai jantung pendidikan anak). Muwazah, 8(2), 258ΓΆβ¬β267.
Mariyana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2013). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Kencana.
Miftahul, A. K. (2015). Golden Age. Elek Media Komputindo.
Ngewa, H. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 96ΓΆβ¬β115.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 23(2), 103ΓΆβ¬β111.
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2010). Fundamental Keperawatan (7th ed.). ELSEIVER.
Pratiwi, P. Y., & Budisetyani, I. (2013). Emosi dan Penggunaan Warna Dominan Pada Kegiatan Mewarnai Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 160ΓΆβ¬β170.
Putri, O. N., Darwis, R. S., & Basar, G. G. K. (2015). Pemberdayaan perempuan kepala keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 279ΓΆβ¬β283.
Rianti, R., Suryani, A., Munawaroh, L., Nuraida, N., & Maryatin, E. (2023). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUDQU Al Karim Mangunjaya. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 203ΓΆβ¬β212.
Safitri, D., Lestariningrum, A., & Nusantara, U. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40ΓΆβ¬β52.
Samta, S. R., Utami, L., & Mulyani, L. (2024). Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Tumbuh Kembang Gizi Anak Usia Dini. Sentra Cendikia, 5(2), 76ΓΆβ¬β85.
Santrock, W. J. (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.
Soetjiningsih, C. H. (2018). Perkembangan Anak. Kencana.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini dimasa pandemi corona virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683ΓΆβ¬β696.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan sosial emosional anak usia pra sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221ΓΆβ¬β