Perkembangan Sosial Emosi Anak Prasekolah dalam Pengasuhan Ibu Bekerja
Abstract
Peran ibu pada masa anak usia prasekolah memiliki dampak besar pada perkembangan anak. Namun kebutuhan ekonomi dapat menghambat pengawasan dan interaksi ibu dengan anak, terutama pada tahap kritis pembentukan kemampuan sosial emosional anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai perkembangan sosial emosi anak prasekolah dalam pengasuhan ibu yang bekerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara. Data dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan sosial emosi anak prasekolah dalam pengasuhan ibu bekerja tetap mampu mencapai perkembangan. Sebagai rekomendasi, diharapkan ibu yang bekerja tetap menjaga waktu berkualitas untuk berinteraksi dengan anak, melakukan pengasuhan secara baik sehingga dapat memberikan pengaruh positif terhadap tumbuh kembang anak.
Downloads
References
Afrizal, S., & Lelah, P. (2021). Peran Ganda Perempuan Dalam Peningkatan Perekonomian Keluarga: Studi Kasus Pada Perempuan Bekerja Di Kecamatan Padarincang Kabupaten Serang. Indonesian Journal of Sociology, Education, and Development, 3(1), 53–62.
Ahmad, B., & Bonso, H. (2022). Dampak Pandemi Terhadap Peningkatan Fungsi Ibu Rumah Tangga Dalam Keluarga (Studi Kasus Ibu-Ibu Wali Murid SD Yapis 2 Samofa Biak Numfor-Papua). JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 6(1).
Anzani, R. W., & Insan, I. K. (2020). Perkembangan sosial emosi pada anak usia prasekolah. PANDAWA, 2(2), 180–193.
Apriana, R. (2009). Hubungan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini Prasekolah di Kelurahan Tinjomoyo Kecamatan Banyumanik. Universitas Diponegoro.
Belsky, J., & Pasco, F. R. M. (2004). Exploring marriage-parenting typologies: Their contextual antecedents and developmental sequelae. Developmental Psychology, 16, 501–523.
Berns, R. A. (2011). Child, Family, School, Community, Socialization, and Support. Cengage Learning.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using Thematic Analysis in Psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77–101.
Colombo, J., Gustafson, K. M., & Carlson, S. E. (2019). Critical and Sensitive Periods in Development and Nutrition. Annals of Nutrition & Metabolism, 34–42.
Dewi, A. R. T., Mayasarokh, M., & Gustiana, E. (2020). Perilaku sosial emosional anak usia dini. Jurnal Golden Age, 4(1), 181–190.
Dulock, H. L. (1993). Research Design : Descriptive Research. Journal of Pediatric Oncology Nursing, 154–157.
Fitriya, A. (2022). Pelaksanaan Penilaian Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di RA Siti Khodijah Karangrowo Wonosalam Demak. Childhood Education: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–55.
Frankenburg, & Dodds, J. (2012). Manual Denver II. Inska.
Handayani, A., & Munawar, M. (2015). Work-Family Balance and Quality of Parenting in Optimizing Children Development. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 4(1), 11–18.
Ismiatun, A. N., & Suryono, Y. (2019). Pengaruh pengasuhan ibu yang bekerja terhadap perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun di kabupaten purbalingga. Al-Abyadh, 2(2), 70–81.
Kumalasari, E. P. (2022). Pengaruh Peran Orang Tua Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah: Sebuah Kajian Literatur. Journal of Health Science Community, 3(1), 73–77.
Leedy, O. (2010). Practical Research : Planning and Design. Pearson Education Inc.
Lestari, D. (2016). Eksistensi Perempuan Dalam Keluarga (kajian peran perempuan sebagai jantung pendidikan anak). Muwazah, 8(2), 258–267.
Mariyana, R., Nugraha, A., & Rachmawati, Y. (2013). Pengelolaan Lingkungan Belajar. Kencana.
Miftahul, A. K. (2015). Golden Age. Elek Media Komputindo.
Ngewa, H. M. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pengasuhan Anak. EDUCHILD (Journal of Early Childhood Education), 1(1), 96–115.
Nurmalitasari, F. (2015). Perkembangan Sosial Emosi pada Anak Usia Prasekolah. Buletin Psikologi: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada, 23(2), 103–111.
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2010). Fundamental Keperawatan (7th ed.). ELSEIVER.
Pratiwi, P. Y., & Budisetyani, I. (2013). Emosi dan Penggunaan Warna Dominan Pada Kegiatan Mewarnai Anak Usia Dini. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 160–170.
Putri, O. N., Darwis, R. S., & Basar, G. G. K. (2015). Pemberdayaan perempuan kepala keluarga. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 279–283.
Rianti, R., Suryani, A., Munawaroh, L., Nuraida, N., & Maryatin, E. (2023). Peran Orang Tua dalam Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Dini di PAUDQU Al Karim Mangunjaya. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(4), 203–212.
Safitri, D., Lestariningrum, A., & Nusantara, U. (2021). Penerapan Media Loose Part untuk Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 40–52.
Samta, S. R., Utami, L., & Mulyani, L. (2024). Korelasi Pola Asuh Orangtua dengan Tumbuh Kembang Gizi Anak Usia Dini. Sentra Cendikia, 5(2), 76–85.
Santrock, W. J. (2007). Perkembangan Anak. Erlangga.
Soetjiningsih, C. H. (2018). Perkembangan Anak. Kencana.
Syahrul, S., & Nurhafizah, N. (2019). Analisis pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosial dan emosional anak usia dini dimasa pandemi corona virus 19. Jurnal Basicedu, 5(2), 683–696.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Harvard University Press.
Yulisetyaningrum, Y. (2019). Perkembangan sosial emosional anak usia pra sekolah. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 10(1), 221–
Copyright (c) 2025 Dyane Riri , Arita Cindepuspita, Zainal Abidin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.