Strategi Inovatif Mindfullness Teaching: Mempertahankan Kompetensi Profesionalisme Guru PAUD
Abstract
Banyaknya beban kerja yang dirasakan guru PAUD untuk menyusun kurikulum, menyusun modul ajar, laporan dan mengevaluasi anak, terkadang membuat guru jenuh dalam melakukan pekerjaannya. Guru memerlukan strategi mindfulness teaching untuk mempertahankan kompetensi profesionalismenya. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk memperoleh informasi mengenai cara mempertahankan kompetensi profesionalisme guru PAUD menggunakan strategi inovatif mindfulness teaching. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur atau kajian pustaka yang diperoleh dari artikel yang sudah terpublikasi. Hasil dari studi literatur yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi inovatif mindfulness teaching dapat mempertahankan kompetensi profesionalisme pada guru PAUD, karena melalui strategi inovatif mindfulness teaching ini guru dapat mengontrol rasa emosionalnya, fokus, bijaksana dalam menghadapi tantangan atau kondisi di kelas, serta menunjung tinggi kunci utama profesionalisme guru.
Downloads
References
Akmaludin, A., Faizah, H., & Caska, C. (2017). Hubungan antara kompetensi guru dan beban kerja dengan stres kerja guru sma negeri se-kecamatan mandau kabupaten bengkalis. Jurnal JUMPED (Jurnal …, 1, 1–9.
Basri, D., & Suryana, D. (2023). Analisis Tantangan dan Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 709–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4126
Cahyaningrum, K., Widah Faridah, B., Alif Pratama, A., Syah, R., Ubaidillah Solihin, H., & UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi Sulawesi Selatan merupakan bagian dari struktural Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang melaksanakan, P. (2024). Efektivitas Pelatihan Mindfulness untuk Mengurangi Stres Kerja pada Pegawai. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 3(3).
Cheng, Xi., Zhang, H., & Cao, J. (2022). The Effect of Mindfulness-Based Programs on Psychological Distress and Burnout in Kindergarten Teachers: A Pilot Study. Early Childhood Educ j, 50, 1197–1207. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10643-021-01254-6
Farisi, M. I. (2010). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.
Hasanah, I. U., & Fauziah, N. (2024). Membangun Profesionalisme Guru PAUD Melalui Model Supervisi Klinis. JoECCE : Journal of Early Childhood and Character Education, 4(2), 111–126.
Hasanati, N., & Anisa, S. A. (2024). Exploring the Impact of Mindfulness on Work Engagement in the Education Sector. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 107–116. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.5105
He, J., Iskhar, S., Yang, Y., & Aisuluu, M. (2023). Exploring the relationship between teacher growth mindset, grit, mindfulness, and EFL teachers’ well-being. Frontiers in Psychology, 14(September), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1241335
Hirshberg, M. J., Flook, L., Enright, R. D., & Davidson, R. J. (2020). Integrating mindfulness and connection practices into preservice teacher education improves classroom practices. Learning and Instruction, 66. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.101298
Hosea, E. (2024). Analysis on the implementation of mindfulness practice in education to support teaching and learning’s progress. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 255–260.
Jasmani, J., & Eliza, D. (2023). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 238–246. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.188
Juliawati, D., Yandri, H., Rasmita, R., & Daflaini, D. (2024). Transformasi Guru Taman Kanak-Kanak : Membangun Kelas yang Damai dan Bahagia dengan Praktik Mindfulness. 2(2), 40–47.
Kusmiran, Y., Agustin, M., & Dahlan, T. H. (2024). Peran Mindfulness Teaching dalam Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru PAUD. 7(3), 709–722. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.777
Ma’wa, J., Novitawati, N., & Noorhapizah, N. (2024). Pengaruh Self-Eficacy Guru, Beban Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Profesionalitas Guru TK di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2149. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1096
Maharani, E. A. (2017). Pengaruh Pelatihan Berbasis Mindfulness Terhadap Tingkat Stres Pada Guru Paud. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 100. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12919
Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Adkha, N. F., Sudira, P., & Iskandar, R. (2021). The mindfulness aspects in the teaching of culinary art in vocational high school. Jurnal Pendidikan Vokasi, 11(2), 155–170. https://doi.org/10.21831/jpv.v11i2.38402
Akmaludin, A., Faizah, H., & Caska, C. (2017). Hubungan antara kompetensi guru dan beban kerja dengan stres kerja guru sma negeri se-kecamatan mandau kabupaten bengkalis. Jurnal JUMPED (Jurnal …, 1, 1–9.
Basri, D., & Suryana, D. (2023). Analisis Tantangan dan Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru Prasekolah. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 709–718. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i1.4126
Cahyaningrum, K., Widah Faridah, B., Alif Pratama, A., Syah, R., Ubaidillah Solihin, H., & UPT Penilaian Potensi dan Kompetensi Sulawesi Selatan merupakan bagian dari struktural Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang melaksanakan, P. (2024). Efektivitas Pelatihan Mindfulness untuk Mengurangi Stres Kerja pada Pegawai. Jurnal Psikologi Talenta Mahasiswa, 3(3).
Cheng, Xi., Zhang, H., & Cao, J. (2022). The Effect of Mindfulness-Based Programs on Psychological Distress and Burnout in Kindergarten Teachers: A Pilot Study. Early Childhood Educ j, 50, 1197–1207. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/s10643-021-01254-6
Farisi, M. I. (2010). Pengembangan Asesmen Diri Siswa (Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Jurnal Universitas Negeri Surabaya.
Hasanah, I. U., & Fauziah, N. (2024). Membangun Profesionalisme Guru PAUD Melalui Model Supervisi Klinis. JoECCE : Journal of Early Childhood and Character Education, 4(2), 111–126.
Hasanati, N., & Anisa, S. A. (2024). Exploring the Impact of Mindfulness on Work Engagement in the Education Sector. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 107–116. https://doi.org/10.35445/alishlah.v16i1.5105
He, J., Iskhar, S., Yang, Y., & Aisuluu, M. (2023). Exploring the relationship between teacher growth mindset, grit, mindfulness, and EFL teachers’ well-being. Frontiers in Psychology, 14(September), 1–13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2023.1241335
Hirshberg, M. J., Flook, L., Enright, R. D., & Davidson, R. J. (2020). Integrating mindfulness and connection practices into preservice teacher education improves classroom practices. Learning and Instruction, 66. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2019.101298
Hosea, E. (2024). Analysis on the implementation of mindfulness practice in education to support teaching and learning’s progress. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 255–260.
Jasmani, J., & Eliza, D. (2023). Upaya Pengembangan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 238–246. https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.188
Juliawati, D., Yandri, H., Rasmita, R., & Daflaini, D. (2024). Transformasi Guru Taman Kanak-Kanak : Membangun Kelas yang Damai dan Bahagia dengan Praktik Mindfulness. 2(2), 40–47.
Kusmiran, Y., Agustin, M., & Dahlan, T. H. (2024). Peran Mindfulness Teaching dalam Mengurangi Stres dan Meningkatkan Kualitas Pengajaran Guru PAUD. 7(3), 709–722. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i3.777
Ma’wa, J., Novitawati, N., & Noorhapizah, N. (2024). Pengaruh Self-Eficacy Guru, Beban Kerja, dan Stres Kerja Terhadap Profesionalitas Guru TK di Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut. Journal of Education Research, 5(2), 2138–2149. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.1096
Maharani, E. A. (2017). Pengaruh Pelatihan Berbasis Mindfulness Terhadap Tingkat Stres Pada Guru Paud. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 9(2), 100. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v9i2.12919
Munib, A., & Wulandari, F. (2021). Studi Literatur: Efektivitas Model Kooperatif Tipe Course Review Horay Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 160–172. https://doi.org/10.29407/jpdn.v7i1.16154
Pratiwi, W. A., Prasetyo, I., & Shabrina, M. N. (2021). Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kinerja Guru Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1741–1753. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.970
Rahman, A. (2022). Analisis Pentingnya Pengembangan Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 8455–8466.
Rahmawati, U. N., Nashori, F., & Rachmahana, R. S. (2020). Pelatihan Mindfulness Teaching untuk Meningkatkan Kesejahteraan Subjektif Guru Sekolah Inklusi. Psympathic : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(1), 49–60. https://doi.org/10.15575/psy.v7i1.8241
Rasyad, A., Ahmad, & Sari, R. P. (2023). Smart Indonesia Program Monitoring in Non-Formal Education. Proceedings of the International Conference on Information Technology and Education (ICITE 2021), 609(Icite), 55–61. https://doi.org/10.2991/assehr.k.211210.009
Ratu, B., Puswiartika, D., Rasido, I., Nurwahyuni, N., Herlina, H., Malla, H. A. B., & Rinaldi, A. W. (2023). Internalisasi Budaya Damai Nosarara Nosabatutu untuk Meningkatkan Dispositional Mindfulness pada Guru. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 11(2), 103. https://doi.org/10.29210/184700
Saputro, U., Imam Suyitno, Imam Agus Basuki, & Shirly Rizki Kusumaningrum. (2024). Pengaruh Mindfulness terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Kreatif Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 1861–1870. https://doi.org/10.58230/27454312.696
Soares, F., Lopes, A., Serrão, C., & Ferreira, E. (2024). Fostering humanization in education: a scoping review on mindfulness and teacher education. Frontiers in Education, 9(April), 1–13. https://doi.org/10.3389/feduc.2024.1373500
Sobri, A. Y., Juharyanto, J., Prestiadi, D., & ’Ilmi, A. M. (2023). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru Sekolah Dasar Negeri. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 6(1), 59. https://doi.org/10.17977/um050v6i1p59-67
Su’aibatul, I., & Sobri, A. Y. (2019). Correlation between Implementation of Character Education Strengthening and Teacher’s Teaching Behavior with Student’s Character Formation. 382(Icet), 607–612. https://doi.org/10.2991/icet-19.2019.149
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV Alfabeta.
Widia, D., & Mita, rani hara. (2020). Manajemen Kelas Berbasis Mindfulness (Studi Pustaka). Jurnal Pendidikan, Sains Sosialdan Agama, 6(1), 1–15.
Witarsa, R., & Alim, M. L. (2022). Kompetensi Profesional Guru pada Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5799–5807. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3258
Witarsa, R., & Dista, D. X. (2019). Analisis Jawaban Siswa Usia 6 sampai 8 tahun terhadap Pembelajaran Sains Kreatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 58. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.288
Wulandari, H., & Rahmah, R. D. (2023). Kompetensi Profesionalisme Guru PAUD Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Sebagai Pengaruh Peningkatan Kualifikasi Akademik Guru PAUD. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(12), 552–561. http://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/5908/3796
Yandri, H., Bahry Harahap, S., & Juliawati, D. (2022). Mindfulness Training untuk Menjadi Guru Bahagia di Sekolah Dasar Islam Mutiara Al-Madani Kota Sungai Penuh. Altifani : Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, 2(1), 92–99.
Copyright (c) 2025 Novenda Cahya Awika Putri, Ahmad Yusuf Sobri, Ach Rasyad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.