Pengaruh Media Magic Box Terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Lembah Cilengkrang Pajambon
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Media Magic Box Terhadap Perkembangan Bahasa Ekspresif Anak Usia 5-6 Tahun di RA Lembah Cilengkrang Pajambon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi Experimental Design dan bentuk penelitian Nonequivalent Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan lembar observasi dalam bentuk checklist (√). Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menguji validitas, statistik deskriptif, normalitas, independent sampel t test, homogenitas, paired sampel t test menggunakan statistik dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil thitung yang dihitung menggunakan uji t dengan Sig. (2 tailed) = 0,001 < 0,05, artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media magic box terhadap perkembangan bahasa ekspresif anak di RA Lembah Cilengkrang Pajambon.
Downloads
References
Ahmad Haerudin, D., & Sutarna, N. (2020). Perkembangan Peserta Didik (1st ed.).
Alat Permainan Edukatif. (n.d.).
Anggalia, A., & Karmila, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Dengan Menggunakan Media Boneka Tangan Muca (Moving Mouth Puppet ) Pada Kelompok a Tk Kemala Bhayangkari 01 Semarang. Paudia, 3(2), 133–159. http://journal.upgris.ac.id/index.php/paudia/article/view/509/462
Dastpak, M., Behjat, -Fatemeh, & Taghinezhad, - Ali. (2017). Behaviorism and Vygotsky. International Journal of Languages’ Education and Teaching, 5(2), 230–238. https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED574953.pdf
Fridani, Lara; Dhieni, N. (2014). Hakikat Perkembangan Bahasa Anak. Metode Pengembangan Bahasa, 1–28.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Hanum Hasibuan, R., & Tursina, A. (n.d.). IMPLIKASI PERMAINAN TEBAK WAJAH TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA EKSPRESIF ANAK USIA DINI.
Margareth, H. (2017). No Title طرق تدريس اللغة العربية. Экономика Региона, 32.
MENGEMBANGKAN KOSAKATA ANAK MELALUI PERMAINAN KOTAK RABA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS MUDA GALIH LUNIK LAMPUNG SELATAN. (n.d.).
MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR KELOMPOK A DI TK AISYIAH BUSTANUL ATHFAL WATES GADINGREJO PRINGSEWU. (n.d.).
Nasution, N. K. (2022). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak di RA Ar-Rahman Yogyakarta. Journal of Early Childhood and Character Education, 2(2), 145–170. https://doi.org/10.21580/joecce.v2i2.10683
Nurfadilah, Fadila, S. N., & Adiarti, W. (2021). Panduan APE Aman Bagi Anak Usia Dini. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini, 1–68. https://paudpedia.kemdikbud.go.id/uploads/pdfs/TINY_20220222_100716.pdf
Oppong Frimpong, S. (2021). The influence of perception on the provision of early childhood education in the Kumasi Metropolis of Ghana. African Educational Research Journal, 9(1), 179–188. https://doi.org/10.30918/AERJ.91.20.142
Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Educhild : Pendidikan Dan Sosial, 10(1), 6.
Rohmawati, F., & Khotimah, N. (2014). Pengaruh Permainan Magic Box Terhadap Kemampuan Kognitif Mengenal Bentuk Dan Warna Anak Kelompok a Di Tk Budi Luhur Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1–7.
Septiria, D. (2020). Perkembangan Sosial Emosional Anak Kelompok Bermain Melalui Alat Permainan Edukatif Magic Box. Bengkulu: Institut Agama Islam Negeri Bengkulu, 30.
Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini UIN Sumatera Utara, P., Author, C., kunci, K., Bahasa, P., Permainan Magic Box, P., Anak Usia Dini, P., Laili Hajriah Simamora, O., Br Hasibuan, H., Lubis, Z., Piaud, mahasiswa, & FITK UINSU Medan, dosen. (2019). JURNAL RAUDHAH PENGARUH PENERAPAN PERMAINAN MAGIC BOX (KOTAK MISTERI) TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-FAJAR MEDAN DENAI (Vol. 07, Issue 02). http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/raudhah
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (23rd ed.). Alfabeta cv.
Susanto, A. (2011). Perkembangan Anak Usia Dini (1st ed.). Kencana Prenadamedia Group.
Veryawan, V., Tan, M., & Syarfina, S. (2021). Kegiatan Bermain Kotak Ajaib (Magic Box) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Sains Anak Usia Dini. Yaa Bunayya, 5(1), 44–52.
Yusri, A. Z. dan D. (2020). 済無No Title No Title No Title. Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(2), 809–820.
Copyright (c) 2025 Elma Hodimah Elma, Erik Erik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.