Meningkatkan Kemampuan Spasial Melalui Kegiatan Bermain Bongkar Pasang Puzzle Logika pada Anak Usia Dini di TK Satu Atap Impres Lambu.

  • Lukman Lukman Universitas Muhammadiyah Bima
  • Ihlas Ihlas Universitas Muhammadiyah Bima
  • Landa Landa Universitas Muhammadiyah Bima

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan spasial Anak Usia Dini melalui kegiatan bermain bongkar pasang puzzle logika di TK Satu Atap Impres Lambu. Kemampuan spasial merupakan aspek penting dalam perkembangan kognitif anak yang berkaitan dengan kemampuan untuk memahami, menginterpretasikan, dan memanipulasi objek dan ruang di sekitarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain pre-test dan post-test. Subjek penelitian terdiri dari 30 anak usia 4-5 tahun yang dipilih secara acak. Kegiatan bermain bongkar pasang puzzle logika dilakukan selama 8 minggu dengan frekuensi tiga kali seminggu. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan spasial yang telah divalidasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan spasial anak setelah mengikuti kegiatan bermain bongkar pasang puzzle logika. Peningkatan ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test yang lebih tinggi dibandingkan dengan pre-test. Temuan ini mengindikasikan bahwa kegiatan bermain bongkar pasang puzzle logika efektif dalam meningkatkan kemampuan spasial Anak Usia Dini. Oleh karena itu, disarankan agar kegiatan ini dapat diintegrasikan dalam kurikulum pendidikan Anak Usia Dini sebagai salah satu metode pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif. Penelitian ini juga memberikan implikasi bagi para pendidik dan orang tua untuk lebih memperhatikan pentingnya permainan edukatif dalam mendukung perkembangan kognitif anak.

Keywords: Kemampuan Spasial, Bongkar Pasang Puzzle Logika, Anak Usia Dini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abristiana, P. O., Kristanti, A., & Aisyatul W., A. (2020). Pengenalan Angka Menggunakan Permainan Puzzle dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Emosi dan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini di Play Group Se-Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 70–86. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.314
Ahmadin, A., Hendra, H., Lukman, L., Annafi, N., & Muslim, M. (2023). Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini melalui Permainan Eduktif Puzzle. 7(6), 8041–8048. https://doi.org/10.31004/obsesi.v8i1.5905
Amini, S., Firmawati, A. N., & Khotimah, N. (2023). Peningkatan Kecerdasan Anak Usia Dini dalam Memecahkan Masalah melalui Permainan Puzzle. Journal of Education Research, 4(2), 778–784. https://jer.or.id/index.php/jer/article/view/266
Anggriawan, G. A. D. (2023). Perancangan Permainan Interaktif Berbentuk Activity Pack Sebagai Media Pengembangan Motorik Halus Anak Usia 4-6 Tahun. Undergraduate Thesis; Universitas Dinamika, 1–42.
Anugrah, D. P., Chairilsyah, D., & Puspitasari, E. (2021). Pengembangan Media Busy Board untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Usia 4-5 Tahun di RA Al-Hidayah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10339–10347.
Arie Paramitha, M. V., & Supiati, V. (2020). Efektifitas Permainan Sirkuit Dalam Menstimulus Kemampuan Motorik Halus Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 4(02), 443–450. https://doi.org/10.29408/jga.v4i02.2615
Asdar, A., Febryanti, F., & Rahayu, A. (2021). Pelatihan Guru TK Pertiwi Majene Menggunakan Media Mozaik Berbasis Budaya Mandar dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Anak. SIPISSANGNGI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3), 40. https://doi.org/10.35329/sipissangngi.v1i3.2709
Damanik, S., Harahap, H. P., & Suwardi, S. (2024). Pemberian Metode Lego dan Puzzle terhadap Peningkatan Perkembangan Motorik Halus Anak Prasekolah. Jurnal Kebidanan Khatulistiwa, 10(1), 19–25.
Elizya, L., Subandijah, K., Gayatri, M., & Kebidanan, D. (2023). Pengaruh Permainan Edukasi “Puzzlo Puzzle” Terhadap Peningkatan Kemampuan Motorik Halus dan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Kesehatan Tradisional, 1(2), 198–212. https://doi.org/10.47861/usd.v1i2.378
Haryani, W., Sugianti, N. O., Rozie, F., Guru, P., Mulawarman, U., Muara, J., Kampus, P., & Kelua Kota, G. (2023). Strategi Guru dalam Pembelajaran Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun (Teacher’s Strategy in Learning Physical Motor Skills for Children Aged 5-6 Years). Journal Of Early Childhood Education And Research, 4(1), 20–28.
Khoiruzzadi, M., Barokah, M., & Kamila, A. (2020). Upaya Guru Dalam Memaksimalkan Perkembangan Kognitif, Sosial dan Motorik Anak Usia Dini. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 2(1), 40–51. https://doi.org/10.15642/jeced.v2i1.561
Malla Avila, D. E. (2022). No Titleהכי קשה לראות את מה שבאמת לנגד העינים. הארץ, 7(8.5.2017), 2003–2005.
Noor, T. R. (2023). Optimalisasi Aktivitas Pengembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(4), 4336–4348. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i4.3600
Nuzulia, A. (1967). 済無No Title No Title No Title. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Pura, D. N., & Asnawati, A. (2019). Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kolase Media Serutan Pensil. Jurnal Ilmiah Potensia, 4(2), 131–140. https://doi.org/10.33369/jip.4.2.131-140
Puzzle, P., & Motorik, K. (2023). Penerapan Permainan Puzzle Dalam Meningkatkan. 2(2), 67–72.
Saepudin, A. (2022). Pengembangan Aspek Motorik Halus Pada Anak Usia Dini Melalui Metode Kolase Pada Tkq Nurul Huda Karawang. Jurnal Al-Amar: Ekonomi Syariah, Perbankan Syariah, Agama Islam, Manajemen Dan Pendidikan, 3(1), 69–80.
Setiawan, D., Hardiyani, I. K., Aulia, A., & Hidayat, A. (2022). Memaknai Kecerdasan melalui Aktivitas Seni: Analisis Kualitatif Pengembangan Kreativitas pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4507–4518. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2521
Sugawara, E., & Nikaido, H. (2014). No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/25246403%0Ahttp://www.pubmedcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC4249520
Suryani, D. (2020). Pembelajaran Berbasis Sentra Seni: Inti Pengembangan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia Dini Usia 5-6 Tahun. Jurnal Mikraf: Jurnal Pendidikan, 1(1), 14–25.
Tholibiln, N., & Pekalongan, K. (2024). Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Metro 1445 H / 2024 M Institut Agama Islam Negeri ( Iain ) Metro.
Wahyuningrum, M. D. S., & Watini, S. (2022). Inovasi Model ATIK dalam Meningkatkan Motorik Halus pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5384–5396. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.3038
Wirdalena, S. Y., & Mayar, F. (2022). Pengembangan Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Berbasis Pendekatan Tematik. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 7242–7252. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3618
Published
2025-06-26
Abstract viewed = 21 times
PDF downloaded = 12 times