Implementasi Metode Pembelajaran Iqro’ Dalam Mengembangkan Nilai Agama Dan Moral Anak Usia Dini Di Rumah Ngaji Janna Desa Kananga Kecamatan Bolo
Abstract
Pendidikan pada masa kanak-kanak diibaratkan seperti mengukir di atas batu yang ukirannya akan sulit hilang. Hal ini memiliki arti bahwasanya jika sejak kecil anak di didik dengan hal-hal yang baik maka akan terus membekas dalam diri anak hingga anak dewasa. Oleh karena itu, pendidikan yang paling utama bagi anak adalah agama dan moral. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Iqro’ dalam mengembangkan nilai agama dan moral Anak Usia Dini, kemudian untuk mengetahui hubungan nilai agama dan moral Anak Usia Dini dalam penerapan metode pembelajaran iqro. Penulisan ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, kemudian untuk mengumpulkan data, penulis melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran iqro’ di rumah ngaji janna bertujuan untuk mengenalkan huruf hijaiyah dengan menggunakan metode iqro’ kepada anak yang berusia 4 sampai 6 tahun. Kemudian penerapan metode pembelajaran iqro’ mampu membentuk nilai moral, diantaranya yaitu rasa cinta terhadap Al-Qur’an, disiplin, tanggungjawab, kejujuran, kerja keras dan kerendahan hati.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3394
Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 2462–2471. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959
Ardiansari, B. F., & Dimyati, D. (2021). Identifikasi Nilai Agama Islam pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 420–429. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.926
Desiana (2013) "Al-Quran, M. K. M., Metode, P. A. U. D. M. P., Huruf, I. P. K., & Curup, D. R. U. W.
Fadli, M., Arief, Z. A., & Fatonah, U. (2022). Penerapan Metode Talaqqi Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Al-Muhajirin Bogor. Prosiding Teknologi …, 144–150. http://pkm.uika-bogor.ac.id/index.php/PTP/article/download/1318/978
Hijazi, A. (2012). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Pembiasaan Menghafal Juz’Amma, Hadits, Dan Do’a-Do’a Harian Di MTsN 1 Ponorogo. Jurnal Madania, 2, 111–139. http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16339
Latif, M. (n.d.). Efektifitas Metode Qira’ati dalam Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Bagi Anak Usia Dini. www.kumpulanhadist.org
Masrikah, Ani, dan Fendi Krisna Rusdiana. “Implementasi Metode Iqra’ dalam Pengajaran Al-Qur’an di Madrasah Diniyah Awaliyyah Al-Ikhlas Bendosukun Desa Slaharwotan Lamongan.” Jumat Ekonomi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 3 (18 Desember 2021): 142–49. https://doi.org/10.32764/abdimas_ekon.v2i3.2035.
Normilah, Mahmud My, dan Musli. “Penerapan Metode Pembiasaan pada Pembelajaran Agama Islam dalam Mengembangkan Nilai-nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini.” Ta’rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini 4, no. 1 (4 Januari 2023): 11–22. https://doi.org/10.59059/tarim.v4i1.63.
Nurul Azizah, S., Syamsuddin, S., Sulistyowati, S., & Ulfah, Y. F. (2023). Implementasi Nilai Pendidikan Agama Islam Pada Anak Usia Dini Di Taman Tahfidzul Qur’an Al-Busyro Surakarta. Al’Ulum Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 99–112. https://doi.org/10.54090/alulum.139
Oktaviana, A., Marhumah, M., Munastiwi, E., & Na’imah, N. (2022). Peran Pendidik dalam Menerapkan Pendidikan Akhlak Anak Usia Dini melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5297–5306. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2715
Rahmawati, I., Sholehah, S. R., Jaenudin, A. B., & Fajrussalam, H. (2021). Implementasi Metode Iqro’Pada Anak Usia Dini Di Era Covid-19. Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(2), 87–98.
Ramadhan, S. S. (2020). PENERAPAN METODE IQRA’DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN (Studi Pada Rumah Qur’an Miftahussa’adah Desa Mandiri http://repository.iainpalopo.ac.id/id/eprint/2955/1/SANDI RAMADHAN.pdf
Retnowati, Yuni. “Metode Pembelajaran Hafalan Surat-Surat Pendek pada Anak Usia Dini RA Full Day Se-Kabupaten Bantul.” AL-ATHFAL : JURNAL PENDIDIKAN ANAK 5, no. 1 (27 Juni 2019): 101–16. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.51-07.
Rizqia, Shofia Zahra, Nadya Vegaputri Handiani, Tiara Alyani Purnama, dan Masum Aprily. (2023). Meningkatkan Rasa Cinta Kepada Allah Subhana Wataallah dengan Mempelajari Al-Qur’an Sejak Dini. Jurnal PENA PAUD, 4(1), 38–48. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/penapaud
Safitri, Novia, Cahniyo Wijaya Kuswanto, dan Yosep Aspat Alamsyah. “METODE PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA DINI.” Journal of Early Childhood Education (JECE) 1, no. 2 (30 Desember 2019): 29–44. https://doi.org/10.15408/jece.v1i2.13312.
Sandi Ramadhan, Penerapan Metode Iqra’ “Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an (Studi Pada Rumah Qur’an Miftahussa’adah Desa Mandiri Kecamatan Tomoni)”, palopo: IAIN PAOLOPO, 2019
Sauri, Saupian, Nizar Amri, Ahmad Jumadi, Safiatun Najwa, Siti Hapsah, dan Ahmad Sakrani. “Implementasi Metode Iqra’ Dalam Pembelajaran Membaca Al Quran Di Tpq Dusun Lelonggek Desa Suntalangu.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 1 (2021).
Shandi, Ivanna Frestilya Ari. “PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG PERGAULAN BEBAS DI MASA PEMINANGAN (Studi Kasus di Desa Banarjoyo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur),” t.t.
Siswanto, Siswanto, Zaelansyah Zaelansyah, Eli Susanti, dan Jeni Fransiska. “METODE PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI DALAM GENERASI UNGGUL DAN SUKSES.” PARAMUROBI: JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 2, no. 2 (5 Desember 2019): 35–44. https://doi.org/10.32699/paramurobi.v2i2.1295.
Sulthan Thaha Saifuddin Universitas Islam Negeri Jambi,(2023). Penerapan Metode Pembiasaan pada Pembelajaran Agama Islam dalam Mengembangkan Nilai-nilai Agama dan Moral Pada Anak Usia Dini Application of Habituation Methods to Islamic Religious Learning in Developing Religious and Moral Values in Early Children (Vol. 4, Issue 1). http://journal.staiypiqbaubau.ac.id/index.php/Tarim11
Talango, Sitti Rahmawati. “KONSEP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI.” Early Childhood Islamic Education Journal 1, no. 1 (25 Maret 2020): 92–105. https://doi.org/10.54045/ecie.v1i1.35.
Ulfah, Tsaqifa Taqiyya, Muhammad Shaleh Assingkily, dan Izzatin Kamala. “IMPLEMENTASI METODE IQRO’ DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (26 Desember 2019): 44. https://doi.org/10.30659/jpai.2.2.44-54
Copyright (c) 2025 wesiarni auliyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.