Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2 Tahun 7 Bulan dalam Aspek Fonologi
Abstract
Kajian pemerolehan fonologi adalah bidang penelitian yang utama karena mempengaruhi teori linguistik, yaitu teori bahasa. Tujuan dari penelitian ini adalah menyelidiki ujaran anak usia 2 tahun dan 7 bulan berdasarkan berbagai elemen, termasuk pemerolehan vokal dan konsonan melalui lensa pemerolehan fonologis. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dijalankan melalui pengamatan dan perekaman langsung terhadap ucapan anak-anak yang berperan sebagai subjek dalam studi ini. Studi ini menggunakan metode simak dan rekam. Subjek penelitian adalah seorang anak berinisial A berusia 2 tahun 7 bulan dan jenis kelamin laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak-anak memiliki penguasaan fonologis yang lengkap, terutama dalam pengucapan vokal yang diikuti konsonan. Namun, bunyi vokal dan konsonan yang tidak terdengar jelas masih ada saat berkomunikasi. Empat determinan utama dalam pemerolehan bahasa meliputi faktor-faktor intrinsik, evolusi kognitif anak, konteks sosial, dan aspek herediter. Penelitian ini menawarkan kontribusi berharga bagi guru PAUD dan orang tua tentang tahapan kunci dalam perkembangan fonologi pada anak usia 2 tahun 7 bulan, memungkinkan mereka untuk lebih efektif dalam mendukung dan meningkatkan keterampilan berbicara anak.
Downloads
References
Aprilia, M. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia 2,5 Tahun: Aspek Fonologis. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 13(2), 186. https://doi.org/10.30651/st.v13i2.4010
Astya. (2021). From Perception to Production: An Analysis Of First Language Acquisition In 2.5 Years Old Toddler Speech. 4th English Language and Literature International Conference (ELLiC), 4, 13.
Bawamenewi, A. (2020). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun Pada Tataran Fonologi: Analisis Psikolinguistik. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 3(1), 145–154. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i1.1303
Cristia, A. (2020). Language input and outcome variation as a test of theory plausibility: The case of early phonological acquisition. Developmental Review, 57, 100914. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.dr.2020.100914
Do, Y., Havenhill, J., & Sze, S. S. L. (2023). Variation learning in phonology and morphosyntax. Cognition, 239, 105573. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cognition.2023.105573
Elberti, I. P. (2021). Pemerolehan Bahasa Anak Usia Dua Tahun Dalam Bahasa Sehari - Hari. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(2), 46–57. https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3682
Fakhriyah, F. N. (2020). Media Youtube Sebagai Sarana Pemerolehan Bahasa B2 Anak Usia 3-5 Tahun (Studi Kasus Dua Orang Anak). Kadera Bahasa, 12(1), 48–57. https://doi.org/10.47541/kaba.v12i1.111
Fatemi Syadar, S., Zarifian, T., Pascoe, M., & Modarresi, Y. (2021). Phonological acquisition in 3- to 5-year-old Kurdish-Speaking children in Iran. Journal of Communication Disorders, 93, 106141. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.jcomdis.2021.106141
Haliza, N., Kuntarto, E., & Kusmana, A. (2020). Pemerolehan bahasa anak berkebutuhan khusus (tunarungu) dalam memahami bahasa. Jurnal Genre (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 2(1), 5–11. https://doi.org/10.26555/jg.v2i1.2051
Hastuty, M., Fahmi, & Rosida, L. (2021). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Youtube Terhadap Perkembangan Sosial Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pelita PAUD, 6(1), 102–109. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i1.1511
Hikmah, A. N., Karawang, U. S., Adham, M. J. I., Karawang, U. S., & Karawang, U. S. (2021). Pemerolehan Bahasa Jawa sebagai Bahasa Pertama Berdasarkan Aspek Fonologi dan Sintaksis ( corresponding author ) Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Shinta Rosalina Program Studi Pendid. 500–513.
Humairoh, M. F. N., & Agustina, F. R. (2021). Studi Kasus Pemerolehan Bahasa Pertama Pada Anak Usia Empat Tahun. GENIUS Indonesian Journal of Early Childhood Education, 2(1), 31–39. https://doi.org/10.35719/gns.v2i1.40
Jamal, H. S., & Setiawan, H. (2021). Analisis Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2,8 Tahun berdasarkan Mean Length Of Utterance dalam Aspek Fonologi Morfologi dan Sintaksis. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3816–3827. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1249
Komang, T. (2020). Penyederhanaan Fonologis Dalam Pemerolehan Bahasa Pertama: Studi Kasus Anak Usia 1;9. KULTURISTIK: Jurnal Bahasa Dan Budaya, 4(2), 1–9. https://doi.org/10.22225/kulturistik.4.2.1870
Mieske. (2020). ANALISIS PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA 4 TAHUN (BIDANG SEMANTIK). Suparyanto Dan Rosad (2015, 5(3), 248–253.
Nasution, T., Afrianti, D., Tukiyo, T., Sulistyani, S., & Herman, H. (2022). Critical Discourse Analysis in the Classroom: A Critical Language Awareness on Early Children’s Critical Thinking. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4992–5002. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2951
Nikolaus, M., & Fourtassi, A. (2023). Communicative Feedback in language acquisition. New Ideas in Psychology, 68, 100985. https://doi.org/10.1016/j.newideapsych.2022.100985
Purba, R., Resmi, R., Saputra, N., & Herman, H. (2022). Exploring the Teaching of Language Variation Use from Early Children’s Acquisition at School. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5446–5453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2907
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Akhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500
Puspita, Y., Hanum, F., Rohman, A., Fitriana, F., & Muhyar, Y. (2022). Pengaruh Faktor Lingkungan Keluarga untuk Perkembangan Pemerolehan Bahasa Pertama Anak Usia 2 Tahun 5 Bulan. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4888–4900. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2500
Rahayu, M. (2022). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Dalam Menstimulasi Perkembangan Berbicara Anak Usia 5-6 Tahun. 8(2), 17–31.
Rahmah, H. D. dkk. (2022). Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila. Jurnal Pelita PAUD, 7(1), 179–189.
Resti Aulia, B. N., & Budiningsih, C. A. (2021). Tingkat Pemahaman Guru Taman Kanak-kanak di Lombok dalam Stimulasi Pengembangan Bahasa Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 2259–2268. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.1082
Rifaldi, A. A. (2020). Pengaruh Lagu Dewasa Terhadap Pemerolehan Bahasa Anak Usia Tiga Tahun. PENGARUH LAGU DEWASA TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA TIGA TAHUN, 5(1), 1–6.
Samad, F., Samad, R., & Sasmayunita, S. (2021). Higher Order Thinking Skills of Children Aged 4-6 Years in Early Language Learning Based on Lesson Study. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 876. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4368
Sentosa, A. R., & Apriliani, N. (2020). Pemerolehan Bahasa pada Anak Autis: Kajian Psikolinguistik. Universitas Tanjungpura, 1–11.
Setyaningsih, A., & Katoningsih, S. (2022). Installation Of Language In Communicating Early Children Age 5-6 Years. Early Childhood Research Journal (ECRJ), 4(2), 68–70. https://doi.org/10.23917/ecrj.v4i2.11879
Shaumiwaty, S., Fatmawati, E., Sari, H. N., Vanda, Y., & Herman, H. (2022). Implementation of Augmented Reality (AR) as A Teaching Media in English Language Learning in Elementary School. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 6332–6339. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.3398
Song, H., & White, J. (2022). Interaction of phonological biases and frequency in learning a probabilistic language pattern. Cognition, 226, 105170. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.cognition.2022.105170
Suhardi, A. S. (2022). PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 7(1).
Sulaiman, Z. (2020). Kajian Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia Tiga Puluh Enam Bulan. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 110. https://doi.org/10.29300/disastra.v2i2.2968
Syafril, S., Wijaya Kuswanto, C., Muriyan, O., & Syafril, S. (2020). Dua Cara Pengembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Gerakan-Gerakan Senam. Jurnal Pelita PAUD, 5(1), 104–114.
Ulman, S., Priyanto, A., & Mustika, I. (2021). Pemerolehan Bahasa pada Anak Usia 2 Tahun Dilihat dari Aspek Fonologi. Parole (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia), 4(1), 55–66.
Wijayanti, L. M. (2021). Penguasaan Fonologi dalam Pemerolehan Bahasa : Studi Kasus Anak Usia 1 . 5. Absorbent Mind: Journal of Psychology and Child Development Avaliable, 1(1), 12–24.
Yasir, M. (2021). Pemerolehan Bahasa Pertama pada Anak Usia 9 Tahun: Kajian Pemerolehan Fonologi dan Ujaran. Deiksis, 13(3), 249. https://doi.org/10.30998/deiksis.v13i3.10046
Zasrianita, F. (2020). Pemerolehan Bahasa Indonesia Anak Usia 2,5 Tahun Dalam Kajian Fonologi, Morfologi, dan Sintaksis. Jurnal Hawa : Studi Pengarus Utamaan Gender Dan Anak, 2(1), 40. https://doi.org/10.29300/hawapsga.v2i1.2964
Copyright (c) 2023 Juanda Juanda, Mutia Alkhaerat

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.