Peran Pola Asuh Permisif terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pola asuh orang tua terhadap anak dirumah sehingga dapat mengetahui perkembangan sosial emosional anak. Dengan pola asuh yang diterapkan dirumah oleh orang tua akan membentuk perkembangan sosial emosional anak dilikungannya dan membentuk karakter anak. Ini disebabkan rendahnya pengetahuan orang tua terhadap pola asuh yang akan diterapkan pada anak dan akan banyak dampak yang terjadi pada sosial emosional anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan analisis pada proses yang diamati atau fenomena yang terjadi dengan data yang pasti, dengan uraian dan penjelasan yang komprehensif sehingga mudah dipahami. Penelitian ini menggunakan metode wawancara pada orang tua dan guru serta observasi terhadap anak akan diobservasi dengan sample 5 anak. Orang tua / wali murid menjadi sumber data premier, sedangkan data sekunder yaitu guru yang mengajar disekolah yang akan menjadi penelitian. Dari hasil penelitian melalui wawancara, observasi dan telaah dokumentasi didapatkan 5 sample orang tua yang menggunakan pola asuh permisif dalam mendidik anaknya dirumah dan berpengaruh terhadap perkembangan sosial emosional anak saat disekolah.
Downloads
References
Barash, D. (2008) Natural Selections. New York: Bellevue.
Baron, R.A. & Byrne, D. (2000).Sosial Psicology (9th Edition). Bostom: Allyn and Bacon.
Baron, R.A. & Branscombe, N.R. & Byrne, D. (2000) Sosial Psichology (13th Edition). Boton: Pearson Education, Inc.
Baumeister, R.F. & Bushman, B.J. (2008).Social psicology and Human Nature. Bermont, CA: Thomson Wadsworth.
Brigham, J.C (1991). Sosial psychology. New York: Harpercollins Publisher.
Hamid Patilima, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta,
, hlm. 60.
Chalib Thoha, kapita selekta pendidikan islantuliam Yogykarta:pustaka pelajar, 1996
Daniel Goleman, (2013). Menggemparkan yang mendevinisikan ulang apa arti cerdas emotional intelligence kecerdasan emosional mengapa EI lebih penting dari pada IQ.PT Gramedia pustaka Utama Jakarta.
Halimah,N, & Kawuryan, F. 2010. Mulai sekolah dasar pada anak yang mengikuti pendidikan tk dengan tidak mengikuti pendidikan tk di kabupaten kudus. Jurnal psikologi UMK: PITUTUR.
Hayati, F& Susanti, Y. 2018.Analisis pola asuh orang tua dikelompok A Tk Ikaldolog banda aceh.Buahati jurnal.
Hogg, M. A. & Vaughan, G. M. (2010).Essentials of social psychology. London: Pearson Education Limited.
Isni Agustiawati, 2014 pengaruh pola asuh terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi repository. Upi. Edu.
M. Shohib, pola asuh orang tua Jakarta: Rineka cipta, 1998
Myers, D. (2012) Expplorin Sicial Psichology (6th Ed). New York: McGraw – Hill.
Nurmalitasari, F. 2015 .Perkembangan social emosional pada anak pra sekolah.Buletin psikologi.
Nurtiani, A.T. 2018 .Dampak pola asuh oramg tua terhadap kecerdasan emosional anak usia 5 sampai 6 tahun di Tk Jasa bunda aceh besar. Buah hati jurnal.
Pravitasari,T.(2012) Pengaruh persefsi pola asuh permisif orang tua terhadap prilaku membolos. Education Psychology journal, 2012, 1.1.
Rahman, P.L. 2012 .Pola asuh orang tua pada masyarakat pesisir pantai.Bulletin psikolog.
Rahman, U.,Mardhiah, & Azmidar. 2015 hubungan antara pola asuh permisif orang tua dan kecerdasan emosional siswa dengan hasil belajar matematika siswa. AULADANU
Respati, W,S. Yulianto, A & Widiana, N (2006). Perbedaan konsep diri antara remaja akhir yang mempersepsi pola asuh orang tua Authoritarian, permissive dan Authoritative. Jurnal Psikologi Vol. 4 (2), 78-89.
Triddhonanto, A., & Agenci, B 2014.Mengembangkan pola asuh demokratis. Jakarta.
Copyright (c) 2024 Dodi Ahmad Haerudin, Mira Mayasarokh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.