Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tapak Kaki Kupu-Kupu
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan motorik kasar anak umur 5- 6 tahun melalui permainan tapak kaki kupu-kupu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yakni sebanyak 12 orang anak di RA Bi Al Nazhar. Setiap siklus dalam penelitian ini terdapat 4 fase yang dilalui yaitu: perencanaan, penerapan, observasi serta refleksi. Fokus penelitian yang dilakukan adalah bagaimana permainan tapak kaki kupu-kupu dalam meningkatkan kemampuan motorik kasar seorang anak. Terdapat 2 siklus dalam penelitian ini masing-masing dilakukan dalam 5 pertemuan. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari kelompok B di RA Bi Al- Nazhar Dalam proses pengumpulan data, penelitian ini menggunakan teknik observasi. Berdasarkan temuan tersebut, permainan tapak kaki kupu-kupu ternyata dapat meningkatkan kemampuan motorik kasar anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa angka hasil pemantauan sebelum tindakan umumnya berasal dari tahap pra siklus, dengan rata-rata (26,56%) sedangkan yang berasal dari siklus I pertemuan 5 (64,06 %) dan siklus II pertemuan 5 (82,03 %). Hasil penelitian yang didapat adalah bahwa melalui permainan tapak kaki kupu-kupu dapat meningkatan kemampuan motorik kasar anak kelompok B di RA Bi Al- Nazhar, hasil ini teruji dengan terdapatnya peningkatan kemampuan motorik kasar anak. Setiap siklus penelitian terdapat peningkatan pada kemampuan motorik kasar anak melalui permainan tapak kaki kupu- kupu
References
Ahmad Syukri Sitorus. (2016). Perkembangan Motorik Halus pada Anak. 4(1), 64ââ¬â75.
Andhika, D. A., Prayoga, A. S., & Darumoyo, K. (2022). Meningkatan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Sederhana. Jurnal Porkes, 5(1), 57ââ¬â65. https://doi.org/10.29408/porkes.v5i1.5678
Anggraini, A., Sit, M., & Basri, M. (2022). Mengembangkan Kecerdasan Visual Spasial Anak Melalui Kegiatan Kolase Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pelita PAUD, 6(2), 248ââ¬â254. https://doi.org/10.33222/pelitapaud.v6i2.1937
Anggrayni, R., Lenny, L., Risman, V., & Watini, S. (2023). Implementasi Model Atik Dalam Meningkatkan Motorik Kasar Melalui Permainan Engklek di TKIT Bunga Mufiidah. 09(January), 761ââ¬â768.
Arafah, N. (2020). Peningkatan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia Dini Melalui Permainan Lompat Tali Kelompok B1 di Tk Mutiara Tangerang Nurul Arafah PENDAHULUAN Anak usia dini ialah anak yang berusia 0- 8 tahun ,ââ¬Å Anak usia dini tidak membedakan antara bermain , belajar dan. 01(November). https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i2
Ardiyanto, A., & Sukoco, P. (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Keolahragaan, 2(2), 119ââ¬â129. https://doi.org/10.21831/jk.v2i2.2608
Asman, A., & Dewi, D. . (2022). PENERAPAN MEDIA PERMAINAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK KASAR. 3(1), 44ââ¬â50.
Carolus Borromeus Mulyatno. (2022). JURNAL PENDIDIKAN DAN KONSELING. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349ââ¬â1358.
Desiana, V., & Khan, R. I. (2022). Pentingnya Kemampuan Motorik Kasar bagi Anak Usia Dini dan Strategi Mengoptimalkannya melalui Permainan Tradisional. Strategi Menghadapi Sistem Pendidikan Pasca Pandemi Covid-19 Untuk Generasi Indoneisa Yang Unggul Dan Tangguh, 649ââ¬â657.
Dian Apriani. (2013). Penerapan Permainan Tradisional Engklek Untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B RA Al Hidayah 2 Tarik Sidoarjo. PAUD Teratai, 2(1), 1ââ¬â13.
Ekayanti Tarigan, & Bukit, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Foot Print Game di TK Negeri Pembina Pancur Batu T.A 2021/2022. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 152ââ¬â158. https://doi.org/10.54259/diajar.v1i2.676
Filzah, A. (2017). RAUDHAH Program Studi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal (PGRA) ISSN: 2338-2163 - V. Meningkatkan Kreativitas Anak Usia Dini Melalui Media Bahan Bekas.
Hasanah, U. (2016). Pengembangan Kemampuan Fisik Motorik Melalui Permainan Tradisional Bagi Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 5(1), 717ââ¬â733. https://doi.org/10.21831/jpa.v5i1.12368
Hasanah, U., & Tangse, M. (2022). Permainan Estafet untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. 6(1), 9ââ¬â16. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1166
Louk, M. J. H., & Sukoco, P. (2016). Pengembangan media audio visual dalam pembelajaran keterampilan motorik kasar pada anak tunagrahita ringan. Jurnal Keolahragaan, 4(1), 24. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.8132
Nur, L., Mulyana, E. H., & Perdana, M. A. (2017). Permainan Bola Kecil Untuk Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Pertiwi DWP Kota Tasikmalaya. Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 53ââ¬â65. https://doi.org/10.17509/jpa.v1i1.7161
Nurlailah, R. (2022). Pengaruh Permainan Jejak Kaki terhadap Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun di TK Mandiri Pitue. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 4(1), 281. https://doi.org/10.35473/ijec.v4i1.1315
Pratiwi, Y., & Kristanto, M. (2014). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar (Keseimbangan Tubuh) Anak Melalui Permainan Tradisonal Engklek Di Kelompok B Tunas Rimba II Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian PAUDIA, 3(2), 34.
Rahman, T. (2022). Perkembangan Kemampuan motorik kasar melalui bermain jejak kaki. 11(2), 93ââ¬â104.
Rohmah, S. N. (2022). Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Pada Anak Usia Dini Melalui Permainan Buat Lingkaran di PAUD Bani Rahmat. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 67ââ¬â74.
Roza, M., Hariyati, T., Afifatun, S., & Sajdah, M. (2023). Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Permainan Tradisional Lompat Tali Di TK ABA VI Sukajadi Kecamatan Abung Selatan Tahun Ajaran. 1(1), 20ââ¬â38.
Safitri, R. E., Safari, I., Supriyadi, T., & Barat, J. (2023). IMPROVING GROSS MOTOR ABILITY RUN THROUGH TRADITIONAL CAT. 5(1), 74ââ¬â84.
Sari, R. I., & H, S. I. (n.d.). Usia Dini Melalui Media Boneka Jari. Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Keagamaan.
Septimar, Z. M., Rustami, M., & Wibisono, A. Y. . (2020). Jurnal Menara Medika https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menaramedika/index JMM 2020 p-ISSN 2622-657X, e-ISSN 2723-6862. Jurnal Menara Medika, 3(1), 66ââ¬â73.
Sudaryanti. (2023). Model Pembelajaran Bermain Outdoor Lempar Tangkap Bola untuk Mengembangkan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. 7(2), 1973ââ¬â1985. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4249
Sulistyo, I. T., Pudyaningtyas, A., & Sholeha, V. (2021). Profil Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 9(3), 156. https://doi.org/10.20961/kc.v9i3.50732
Yanuarita, F., Darmawani, E., & Padilah, P. (2023). Kegiatan Bernyanyi di Depan Kelas dalam Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Kelompok B (5-6 Tahun) di TK Aisiyah 2 Palembang. Journal on Education, 5(3), 6414ââ¬â6421. https://doi.org/10.31004/joe.v5i3.1423









