Studi Literatur Perbandingan Pembelajaran Pancasila dalam Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka di PAUD

  • Hafsah Dzata Rahmah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Lubabul Ummah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • siti aulia fauzia Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Suci Rahmadani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Latipah Hasanah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta
Keywords: pembelajaran pancasila, kurikulum 2013, kuurikulum merdeka

Abstract

Kurikulum Pancasila baru saja di luncurkan pemerintah pusat pada bulan februari 2022 lalu sebagai program merdeka belajar. Pada kurikulum Pancasila ini pemerintah mengharapkan Pendidikan karakter bagi siswa, dan berharap siswa dapat menyelesaikan pemecahan masalah dengan mandiri, siswa juga diharapkan dapat memberikan solusi kreatif melalui kurikulum profil projek Pancasila dari masalah dan projek yang diberikan oleh para guru. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan kepada pembaca mengenai perbandingan berdasarkan perbedaan dan persamaan dari kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dengan kurikulum pancasila. Pada metode ini menggunakan studi literatur. yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data, jurnal dan artikel. hasil temuan dari artikel ini kemudian akan dikumpulkan dan selanjutnya akan dianalisis, hasil dari penelitian ini adalah mengkaji atau mempelajari tentang perbandingan dari ke tiga kurikulum, mengkaji kelebihan dan kekurangan dari kurikulum 2013, kurikulum merdeka dengan kurikulum pancasila, engkaji tujuan dan penilaian dari kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka dengan kurikulum pancasila.

 

 

References

Ananto, Purnomo. 2018. ââ¬ÅImplementasi Pembelajaran Pendidikan Pancasila Pada Kurikulum 2013 Melalui Pendekatan Pendidikan Kecakapan Hidup.ââ¬Â Jurnal Ilmiah Publipreneur 6, no. 2: 23ââ¬â36. https://doi.org/10.46961/jip.v6i2.110.

Anggalomoare, Kecamatan. 2018. ââ¬ÅManajemen Desain Lingkungan PAUD Untuk Meningkatkan Kreativitas Pendidik.ââ¬Â JURNAL Smart PAUD 1, no. 1: 89ââ¬â96.

Bimrew Sendekie Belay. 2022. ââ¬ÅNo TitleÃâÃâºÃ⢠çéÃâ ÃÅèÃÂÃâ¢Ãª ÃÂê ÞÃâ éÃâÃÂÞê ÃÅàÃâÃâ ÃââÃâ¢Ã Ãâ¢ÃÂ.ââ¬Â ÃâÃÂèÃÂ¥, no. 8.5.2017: 2003ââ¬â5.

Dasar, Perubahan Kerangka. 2006. ââ¬ÅMakalah Menelaah Perbedaan Dan.ââ¬Â

Fabiana Meijon Fadul. 2019. ââ¬Åæ¸Ëçâ¡No Title No Title No Titleââ¬Â 5, no. 3: 97ââ¬â103.

Faris, Fitri Al. 2013. ââ¬ÅDalam Perspektif Filsafat Pendidikan Progressivisme.ââ¬Â Jurnal Filsafat 25, no. 2: 316-338.

Ishtiaq, Muhammad. 2019. ââ¬ÅBook Review Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th Ed.). Thousand Oaks, CA: Sage.ââ¬Â English Language Teaching 12, no. 5: 40. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p40.

Kurniasih, Imas, and Berlin Sani. 2014. ââ¬ÅImplementasi Kurikulum 2013 Konsep Dan Penerapan.ââ¬Â Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1ââ¬â162.

Nisna Nursarofah. 2022. ââ¬ÅMeningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Pembelajaran Kontekstual Dengan Pendekatan Merdeka Belajar.ââ¬Â Journal Ashil: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 2, no. 1: 38ââ¬â51. https://doi.org/10.33367/piaud.v2i1.2492.

ââ¬ÅNo Tit.æÃâºÃŸle.ââ¬Â n.d.

Nugraha, Ali, Rudianto, Dadang Sukirman, and Supriyani Burhanuddin. 2021. ââ¬ÅKurikulum Belajar TK,ââ¬Â 470.

ââ¬ÅPanduan-Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.ââ¬Â n.d.

Prasetyo, Fiki, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Majalengka. 2019. ââ¬ÅPentingnya Model Project Based Learning Terhadap,ââ¬Â 818ââ¬â22.

Rahelly, Yetty. 2018. ââ¬ÅImplementasi Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Sumatera Selatan.ââ¬Â JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini 12, no. 2: 381ââ¬â90. https://doi.org/10.21009/jpud.122.21.

Rizkasari, Elinda. 2022. ââ¬ÅJURNAL EDUPEDIA Universitas Muhammadiyah Ponorogo Http://Studentjournal.Umpo.Ac.Id/Index.Php/Edupedia THE ROLE OF ELEMENTARY SCHOOL TEACHERS IN PREPARING THE GOLDEN GENERATION THROUGH THE PANCASILA STUDENT PROFILE.ââ¬Â http://studentjournal.umpo.ac.id/index.php/edupedia.

Saleh, Meylan. 2020. ââ¬ÅMerdeka Belajar Di Tengah Pandemi Covid-19.ââ¬Â Prosiding Seminar Nasional Hardiknas 1: 51ââ¬â56.

Satria, Rizky, Pia Adiprima, Kandi Sekar Wulan, and Tracey Yani Harjatanaya. 2022. ââ¬ÅProjek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.ââ¬Â PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.

Sholichah, Aas Siti. 2018. ââ¬ÅTeori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qurââ¬â¢an.ââ¬Â Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 7, no. 01: 23. https://doi.org/10.30868/ei.v7i01.209.

Utomo, Sigit Tri. 2020. ââ¬ÅInovasi Kurikulum Dalam Dimensi Tahapan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam.ââ¬Â Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE) 3, no. 1: 19ââ¬â38. https://doi.org/10.24260/jrtie.v3i1.1570.

Widjanarko, Paulus. 2019. ââ¬ÅPenanaman Karakter Melalui Lagu-Lagu Nasional Di Paud Pelita Harapan Bangsa Kota Tegal.ââ¬Â PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini 8, no. 2: 95ââ¬â101. https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4873.

Xirasagar, Sandhya, Scott F. Gustafson, Cheng Cheng Huang, Qinyan Pan, Jennifer Fostel, Paul Boyer, B. Alex Merrick, et al. 2006. ââ¬ÅChemical Effects in Biological Systems (CEBS) Object Model for Toxicology Data, SysTox-OM: Design and Application.ââ¬Â Bioinformatics 22, no. 7: 874ââ¬â82. https://doi.org/10.1093/bioinformatics/btk045.

Published
2022-12-26