Metode Pembelajaran Berbasis 3r (Reuse, Reduce, Recycle) dalam Upaya Memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran berbasis 3R (reuse, reduce, recycle) sebagai upaya memperdayakan Kreativitas Anak Usia Dini TK PGRI 8 Wonorejo Sumbermanjing Malang. Terbentuknya kreativitas tentunya sangat dipengaruhi oleh lingkungan belajar anak. Setiap individu anak usia dini memiliki potensi yang sangat unik. Salah satu keunikan individu anak tersebut adalah perkembangan perkembangan kreativitas anak.. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan koalitatif deskriptif. Dengan teknik penumpulan data secara observasi, wawancara, dokumentasi dan audio visual. Analisis data yang digunakan secara deskriptif seperti reduksi data, display data, verifikasi data. Kemudian dilkukan keabsahan data dengan teknik Triangulasi. Hasil penelitian dapat disimpuljan bahwa metode pembelajaran berbasis 3R (reduce, reuse, recycle) berdampak pada peningkatan kreativitas anak usia dini yaitu dengan memanfaatkan sampah anorganik secara inovatif sebagai menyediakan media pembelajaran dengan tujuan mengembangkan kreativitas anak sejak dini. Karena kreativitas anak itu tumbuh dipengaruhi oleh metode pembelajaran melalui pendekatan 3R. Kemudian lingkungan belajar yang telah disiapkan oleh guru dengan bahan-bahan yang berupa bahan mentah habis pakai (sampah anorganik) diolah dan dimodifikasi sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran dengan membuat permainan edukatif sederhana berbahan bekas atau sampah sampah anorganik. Maka dengan Metode pembelajaran berbasis 3R (reduce, reuse, recycle) yang diimplementasikan oleh guru diperlukan sebagai sumber pengetahuan, ketrampilan baru sekaligus dalam pengembangan nalar dan kreativitas anak usia dini.
.
Downloads
References
Abidin, R., & Kurniawati. (2020). Meningkatkan Kecerdasan Visual Spasial pada Anak Usia Dini melalui Permainan Puzzle Cross Road Map. Pedagogi:Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 6, 83–98.
Baharun, H., Zamroni, Z., Amir, A., & Saleha, L. (2020). Pengelolaan Alat Permainan Edukatif Berbahan Limbah Dalam Meningkatkan Kecerdasan Kognitif Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1382–1395. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.763
Behnamnia, N., Kamsin, A., & Ismail, M. A. B. (2020). The landscape of research on the use of digital game-based learning apps to nurture creativity among young children: A review. Thinking Skills and Creativity, 37(May), 100666. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100666
Bermain, A. (2014). Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Dini Melalui Aktivitas Bermain. Jurnal Ilmiah Guru Caraka Olah Pikir Edukatif, 0(2).
Buana, C. L. A. (2016). Motivasi, Pendorong, dan Pengambat Ibu Rumah Tangga dalam Pengelolaan Sampah Berbasis 3R (Reuse, Reduce, Recycle) Berdasarkan Kelas Sosial. Parsimonia, 2(3), 112–124.
Dwi Nurhayati Adhani, Nina Hanifah, I. H. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Warna. Pg-Paud Trunojoyo, 4(1), 70. file:///C:/Users/AMIRA/Downloads/3569-8592-1-PB.pdf
Erlyana, Y., & Hidajat, H. (2020). Daur Ulang Untuk Membuat Celengan Dengan Origami ” ( Rptra Dharma Suci ). Jurnal Pengabdian Dan Kewiraushaan, 4(1), 50–57.
Fercoq, A., Lamouri, S., & Carbone, V. (2016). Lean/Green integration focused on waste reduction techniques. Journal of Cleaner Production, 137, 567–578. https://doi.org/10.1016/j.jclepro.2016.07.107
Fernández-Santín, M., & Feliu-Torruella, M. (2020). Developing critical thinking in early childhood through the philosophy of Reggio Emilia. Thinking Skills and Creativity, 37(July), 100686. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100686
Harahap, D. H., & Widyaningsih, S. S. (2019). Kreativitas Pada Kegiatan Pemanfaatan Kembali Sampah ( Reuse ). 2010, 477–483.
Jamaludin, M., & Yusof, Z. B. (2013). Best Practice of Green Island Resorts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 105(Kirk 1995), 20–29. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.11.003
Jawahir, I. S., & Bradley, R. (2016). Technological Elements of Circular Economy and the Principles of 6R-Based Closed-loop Material Flow in Sustainable Manufacturing. Procedia CIRP, 40, 103–108. https://doi.org/10.1016/j.procir.2016.01.067
Karaca, N. H., Uzun, H., & Metin, Ş. (2020). The relationship between the motor creativity and peer play behaviors of preschool children and the factors affecting this relationship. Thinking Skills and Creativity, 38(April). https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100716
Kartika, A., Sofia, A., & Ana, S. (2019). Gambaran Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 1.
Mulyati, S., & Sukmawijaya, A. A. (2013). Meningkatkan Kreativitas pada Anak. Jurnal Inovasi Dan Kewirausahaan, 2(2), 125.
Nanik, Y. S., Abidin, R., & Sa’ida, N. (2019). PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. 5, 86–94.
Piotrowski, J. T., & Meester, L. (2018). Can apps support creativity in middle childhood? Computers in Human Behavior, 85, 23–33. https://doi.org/10.1016/j.chb.2018.03.030
Puspitawati, Y., & Rahdriawan, M. (2012). Kajian Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat dengan Konsep 3R (Reduce, Reuse, Recycle) di Kelurahan Larangan Kota Cirebon. Jurnal Pembangunan Wilayah & Kota, 8(4), 349. https://doi.org/10.14710/pwk.v8i4.6490
Rohmalina. (2016). “Sebagai Inovasi Media Pembelajaran Paud Dalam Menyongsong Indonesia Bebas Sampah Di Paud Siaga Kota Cimahi. JurnalTunas Siliwangi, 2(2), 43–53.
Saggar, M., Xie, H., Beaty, R. E., Stankov, A. D., Schreier, M., & Reiss, A. L. (2019). Creativity slumps and bumps: Examining the neurobehavioral basis of creativity development during middle childhood. NeuroImage, 196(March), 94–101. https://doi.org/10.1016/j.neuroimage.2019.03.080
Septianingsih, N., Asmawati, L., & Sayekti, T. (2017). Meningkatkan Kreativitas Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Media Bahan Bekas. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 137. https://doi.org/10.30870/jpppaud.v4i2.4653
Stricker, L. W., & Sobel, D. M. (2020). Children’s developing reflections on and understanding of creativity. Cognitive Development, 55(June), 100916. https://doi.org/10.1016/j.cogdev.2020.100916
Suprihatin, A. (2019). Peningkatan Kreativitas Berbahasa Melalui.
Triawan, D. A., Oktiarni, D., Fitriani, D., Kimia, J., & Bengkulu, U. (2018). Pembuatan Kerajinan Berbasis Sampah Sebagai Implementasi Pengendalian Sampah 3R ( Reduce , Reuse Dan Recycle ) Garbage-Based Handicraft As a 3R ( Reduce , Reuse , Recycle ) Waste Management Implementation. 35–39.
Twigg, E., & Yates, E. (2019). Student reflections on the place of creativity in early years practice: Reflections on second year work placement experience. Thinking Skills and Creativity, 31(February), 335–345. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2019.02.001
Wahyuni, I., Khutobah, K., & Yuliati, N. (2016). Peningkatan Kreativitas dalam Membuat Bentuk pada Anak Kelompok B2 melalui Bermain Play Dough di TK Plus Al-Hujjah Keranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Edukasi, 3(2), 1. https://doi.org/10.19184/jukasi.v3i2.3520
Widyasari, W.-, & Ardiwilaga, A. (2020). Desain Buku Ilustrasi Pembelajaran Reuse, Reduce, Recycle (3R) untuk Anak-anak Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Strategi Desain Dan Inovasi Sosial, 2(1), 45. https://doi.org/10.37312/jsdis.v2i1.2548
Yildirim, A. (2010). Creativity in early childhood education program. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 9, 1561–1565. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.365
Yuliana sari, H., & Lampung, F. U. (2017). Media Dan Pengembangan Keatifitas Anak Usia Dini. 1.
Copyright (c) 2022 Ratno Abidin, Sumriyeh Sumriyeh, Asy’ari Asy’ari

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.