Kajian Literatur Pengembangan Koordinasi Mata dan Tangan Anak Usia Taman Kanak-Kanak
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk bagaimana melihat konsep, kegiatan/ permainan, serta manfaat pengembangan dalam koordinasi mata dan tangan terhadap pembelajaran anak usia Taman Kanak-Kanak. Penelitian ini berawal pada bagaimana koordinasi mata dan tangan pada pembelajaran anak. pengembangan koordinasi mata dan tangan anak belum berkembang secara optimal. dalam proses pembelajaran yang dilakukan pengembangan koordinasi mata dan tangan anak sangat penting untuk dikemabngkan, karena dengan mengembangkan koordinasi mata dan tangan pada anak dengan baik maka anak akan melakukan kegiatan sehari-hari dengan lancar dan tanpa kendala apapu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan kajian literatur. Pengumpulan data yang digunakan dengan menelaah sumber-sumber yang relevan berupa artikel, jurnal dan lainnya menggunakan teknik analisis isi. Hasil dari penelitian adalah dari beberapa pengembangan dengan menggunakan berbagai macam kegiatan guru dapat mengembangkan koordinasi mata dan tangan anak dengan baik dan benar.
Downloads
References
Agusmiati, S. (2019). Pengaruh Permainan Puzzle Magneticeria Terhadap Kecerdasan Koordinasi Gerakan Tubuh Dan Motorik Anak Di Paud Karya Galang Selebar Kota Bengkulu. Journal Of Early Childhood Islamic Education, 3(1), 242–250.
Dan, M., Pada, T., Di, A., Pradnyandari, T. K., Utara, K., & Badung, K. (2020). Pemberian Kegiatan Bermain Kolase Meningkatkan Koordinasi. 4(2), 83–88.
Darmastuti, T. (2012). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Dalam Kegiatan Meronce Dengan Manik – Manik Melalui Metode Demonstrasi Pada Anak Kelompok a Di Tk Khadijah 2 Surabaya. 1(1), 2. https://dokumen.tips/documents/meningkatkan-kemampuan-motorik-halus-anak-dalam-kegiatan-meronce-dengan-manik-manik-melalui-metode-demonstrasi-pada-anak-kelompok-a-di-tk-khadijah-2-surabaya.html
Durotun Nihayah, 2019. (2019). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN PAPAN PASAK UNTUK MELATIH KOORDINASI MATA DAN TANGAN DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK DIDIK DI RA NURUL HUDA RAJEKWESI MAYONG JEPARA.
Hasan, M. (2011). Pendidikan Anak Usia Dini.
Malika, T. T., & Sutisna, N. (2017). Peningkatan Koordinasi Mata dan Tangan melalui Keterampilan Kirigami pada Siswa Cerebral Palsy Spastik di SLB D YPAC Bandung. JASSI ANAKKU, 18(1), 40–46. https://ejournal.upi.edu/index.php/jassi/article/view/7656
Marselina, 2018. (n.d.). Universitas Sriwijaya PENERAPAN METODE MELIPAT KERTAS (ORIGAMI) DALAM PENGEMBANGAN FISIK MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM TERPADU KAYUAGUNG.
Martinis, Y., & Sanan, J. (2010). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. In Gaung Persada (Vol. 5). http://katalog.kemdikbud.go.id/index.php?p=show_detail&id=553218
Rasid, J., Wondal, R., & Samad, R. (2020). Kajian Tentang Kegiatan Cooking Class Dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Halus Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud, 2(1), 82–91. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2041
Rika Vira Zwagery, (2013). PERMAINAN ATTACK THE SHARK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS YANG MENYANGKUT KOORDINASI.
Risaldy dan Meity (2014). (n.d.). Panduan Mengatasi Permasalahan Anak Usia Dini / Meity H. Idris, Sabil Risaldy; Desain Cover, Mukhlis Umar | Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Bandung. Retrieved October 11, 2021, from http://perpus.bandungkab.go.id/opac/detail-opac?id=6197
Riza Armita Putri, 2019. (2019). MELALUI PERMAINAN LEMPAR TANGKAP BOLA PADA ANAK USIA 6 TAHUN Riza Armita Putri , 2 Yarmis Hasan Universitas Negeri Padang . Jln . Prof . Dr . Hamka Aia Tawa , Padang , 25131 , Indonesia . E-mail : Rizaarmitaputri3697@gmail.com. 3(22), 76–80.
Rofiah, S. D., & Mangkuwibawa, H. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Membatik Jumputan. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(1), 91–102. https://doi.org/10.15575/japra.v3i1.8109
Rosulillah, L. (2019). Peningkatan kemampuan motorik halus pada koordinasi gerak mata dan tangan anak melalui kegiatan Montase di Kelompok B RA Muslimat NU 65 Faqih Hasyim Siwalanpanji Buduran Sidoarjo.
Safdin, A., & Mansor, N. (n.d.). Perkembangan Koordinasi Mata Dan Tangan “Kesediaan” Di Prasekolah: Isu, Cabaran, Amalan-Mengatasi Masalah Menulis. Retrieved October 11, 2021, from https://www.academia.edu/5847419/PERKEMBANGAN_KOORDINASI_MATA_DAN_TANGAN_KESEDIAAN_DI_PRASEKOLAH_ISU_CABARAN_AMALAN_MENGATASI_MASALAH_MENULIS
Santoso, B. E. (n.d.). KONSEP DASAR PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. Retrieved October 15, 2021, from https://www.academia.edu/15683934/KONSEP_DASAR_PENDIDIKAN_ANAK_USIA_DINI
Saputra, Y. M., & Ridyanto. (2009). Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Ketrampilan Anak TK. Departemen Pendidikan Nasional.
Sukadiyanto, 2005. (2004). PERANAN LATIHAN OLAHRAGA TERHADAP PERKEMBANGAN OTAK. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.4863
Sumantri, 2011. (n.d.). Metodologi penelitian kesehatan / Arif Sumantri | Perpustakaan UIN Sultan Syarif Kasim Riau. Retrieved October 11, 2021, from http://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=4175
Tasnila. (2012). Meningkatkan Kemampuan Koordinasi Mata Dan Tangan Pada Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus, 1(1), 172–182. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jupekhu
Whinda, T. (2014). UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOORDINASI GERAK MATA DAN TANGAN MELALUI KEGIATAN MENGGUNTING DENGAN BERBAGAI MEDIA PADA ANAK KELOMPOK A1 DI TK ABA KARANGMALANG.
Copyright (c) 2021 Vanny Mutia May Andry, Yaswinda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.