PENGARUH PELATIHAN SMALL-SIDED GAMES TERHADAP KEMAMPUAN DRIBBLING SISWA SEPAKBOLA SISWA SMPN 4 KLARI

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode latihan small side games terhadap kemampuan dribbling siswa peserta ekstrakurikuler sepak bola SMPN 4 Klari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Dalam penelitian ini populasinya berjumlah 36 siswa dengan sampel sebanyak 31 siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa peserta ekstrakurikuler sepak bola SMPN 4 Klari kelas VII dan VIII. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Short Dribbling Test (Bangsbo & Mohr, 2012:99). Teknik analisis data menggunakan uji-t yaitu dengan membandingkan hasil pretest dengan posttest pada kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh analisis data dan uji hipotesis dari rata-rata sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan terdapat peningkatan yang signifikan metode latihan small side games terhadap kemampuan dribbling siswa peserta ekstrakurikuler sepak bola SMPN 4 Klari . Jika dilihat dari rata-rata pretest sebesar 19,35 dan rata-rata posttest sebesar 18,51 diperoleh selisih rata-rata sebesar 0,83 yang menunjukkan bahwa metode latihan small side games terhadap kemampuan dribbling siswa peserta ekstrakurikuler sepak bola SMPN 4 Klari menunjukkan adanya perubahan sebesar 4,48%. lebih baik dibandingkan sebelum pelatihan.

https://doi.org/10.33222/juara.v9i1.3765

Referensi

Adwa, Z., Abcd, F., Satia, A., Acd, G., Acd, A. N., & Acd, A. M. (2023). The effect of circuit training , fartlek , and small-sided games on maximum oxygen consumption capacity building in futsal players. 9(2), 48–60.
Burhan, Z. (2021). Pengaruh Latihan Small Sided Games 6 Vs 6 Dan 7 Vs 7 Terhadap Kecepatan , Kelincahan Dan Keterampilan Dribbling Pada Siswa Ekstrakurikuler Sepakbola SMPN 1 Pujut Lombok Tengah. 7(3).
Hakim, H. (2023). The Relationship of Balance , Agility , and Speed to Dribbling Ability in a Football Games. 3(1), 62–70.
Herman, & Hasbillah, M. (2022). Hubungan Keseimbangan, Kelincahan Dan Koordinasi Mata-Kaki Terhadap Kemampuan Menggiring Bola Dalam Permainan Sepak Bola. Sportify Journal, 2(1), 9–16.
Hidayat, R., Febriani, A. R., & Listiandi, A. D. (2022). Journal Sport Area Futsal training based on mini game situation : Effects on mastery of athlete techniques. 7(1), 117–124.
Pangestoe, A. D., Yono, T., & Eurika, N. (2023). Peningkatan Hasil Latihan Passing dalam Permainan Sepak Bola Menggunakan Metode Drill pada Atlet SSB Perseta. 1, 1–10.
Prasetya, B. A., Doewes, M., & Riyadi, S. (2020). Differences influence of drill , small sided games , and combination methods of two method skills on football players on beginners. 6(2).
Putri, R. R., Syafaruddin, Aryanti, S., Destriani, & Yusfi, H. (2023). The effectiveness of small-sided games training on the passing accuracy of young soccer players Riska Rahmania Putri. Jurnal SPORTIF: Jurnal Penelitian Pembelajaran, 9(3), 401–414.
Rahmadani, P., Pujianto, D., & Sihombing, S. (2020). Perkembangan Ekstrakurikuler Pencak Silat Siswa SMA Negeri Kabupaten Lebong. SPORT GYMNASTICS : Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 1(2), 23–29. https://doi.org/10.33369/gymnastics.v1i2.12861
Rahmadianti, T., Sugihartono, T., & Sutisyana, A. (2019). Analisis Perkembangan Ekstrakurikuler Futsal Ditingkat Smp Negeri Kota Bengkulu. Kinestetik, 3(2), 223–229. https://doi.org/10.33369/jk.v3i2.8994
Raynor, A. (2021). Effects of Training Programs on Decision-Making in Youth Team Sports Players : A Systematic Review and Meta-Analysis. 12(May). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.663867
Ricky, Z., Burhan, M. A., & Wardana, H. (2023). Pengembangan Buku Ajar PJOK Kelas IX di SMPN 02 Pulau Punjung. Journal of S.P.O.R.T, 7(2), 313–326.
Sabir, M. A., & Ishak, M. (2023). The Contribution of Agility , Balance , and Foot-Eye Coordination to the Ability to Dribble the Ball in Football Games for Students at SMA Negeri 3 Pinrang. 2(3), 1–12.
Santosa, A., & Barokah, P. (2022). Small Side Game Training Method on Futsal Passing Accuracy. October, 24–30.
Suharjana, S., Nanang, M., & Kusuma, H. (2022). The different influence of speed, agility and aerobic capacity toward soccer skills of youth player. 381–390. https://doi.org/10.15561/26649837.2022.0604
Suyudi, I., & Model, L. (2023). The Learning Outcomes of Playing Football Through the Small-side Game Learning Model. 3(2), 137–145.
Umam, A. K., & Suherman, W. S. (2023). Effect of Small Sided Games Training on Anaerobic Endurance and Fatigue Index in U-17 Soccer Athletes. INTERNATIONAL JOURNAL OF MULTIDISCIPLINARY RESEARCH AND ANALYSIS, 06(09), 4023–4029. https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i9-11
Yahya, I. A., & Arifin, A. S. (2022). Pengaruh Latihan Small Side Game terhadap Ketepatan Passing pada Siswa Peserta Ekstrakulikuleh Sepak Bola MTS AL Amin Pakis. GYMNASIA, 1(April).
##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##