Pembinaan Prestasi Olahraga Sepakbola Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Putra Batang

Supplementary Files

PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Model
Pembelajaran
Inkuiri
Konvensional
Self-Esteem

How to Cite

Nugroho, W. A. (2017). Pembinaan Prestasi Olahraga Sepakbola Di Pusat Pendidikan Dan Latihan Putra Batang. JUARA : Jurnal Olahraga, 2(2), 162-173. https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.43

Abstract

Tujuan pembinaan prestasi olahraga sepakbola di Pusdiklat Putra Batang adalah untuk mengembangkan atlet sepakbola secara terencana, berjenjang dan berkelanjutan melalui pembinaan fisik, pembinaan teknik, pembinaan taktik dan pembinaan psikis atau mental. Atlet sepakbola di Pusdiklat Putra Batang berasal dari klub-klub sepakbola lokal dan sekolah sepakbola (SSB) yang berdomisili di Kabupaten Batang dan berhasil lolos seleksi yang dilakukan oleh para pemandu bakat (talents scouting) dan pelatih yang berlisensi. Potensi atlet dan pelatih yang berkualitas yang dimiliki oleh Pusdiklat Putra Batang, dukungan orangtua dan masyarakat seyogyanya dapat meningkatkan prestasi di tingkat regional  maupun nasional.. Kekurangan sarana dan prasarana berupa kepemilikan lapangan untuk berlatih, manajemen kepelatihan yang tidak disusun  dengan baik, kurangnya perhatian pengurus terhadap keberlangsungan pembinaan serta pembagian tugas yang tidak terstruktur menjadi hambatan dalam berlatih sehingga capaian prestasi Atlet sepakbola di Pusdiklat Putra Batang tidak optimal. Kesimpulan  bahwa  pembinaan prestasi Sepakbola di Pusdikklat Putra Batang termasuk belum maksimal berdasarkan pada data dan fakta secara nyata di lapangan.

https://doi.org/10.33222/juara.v2i2.43

References

Fraliantina, I. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Dan Sarana Prasarana Olahraga Terhadap Prestasi Sekolah Di Bidang Olahraga. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 100-109. Retrieved from https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/juara/article/view/24

Undang-undang Republik Indonesia No.3 Tahun 2005 Kemenegpora RI

KONI (1997).Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Klub Olahraga.KONI pusat. Jakarta.

Rusli Lutan. (1998). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Penjaskes. Jakarta: Depdikbud-Dikdasmen.

Bompa, Tudor. O (1994). Theory and Methodology of Training: The Key to athletic Performance. ThirdEdition. Dubuque: Kendal/ Hunt publishing Company.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.