Pengaruh Model Cooperative Learning Terhadap Sikap Kerjasama Dan Hasil Belajar Sepakbola

Supplementary Files

PDF (Bahasa Indonesia)

Keywords

Model
Cooperative learning
Kerjasama
Hasil Belajar
Sepakbola

How to Cite

Pratama, S. E., & Hadiana, O. (2016). Pengaruh Model Cooperative Learning Terhadap Sikap Kerjasama Dan Hasil Belajar Sepakbola. JUARA : Jurnal Olahraga, 1(2), 94-99. https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.23

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model cooperative learning terhadap sikap kerjasama dan hasil belajar sepakbola pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kuningan. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan design penelitian one grup pretest-posttest design.Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Kuningan berjumlah 365, sedangkan sampel sebanyak 40 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling yaitu mengambil secara acak dikarenakan untuk menghindari terjadinya pemilihan sampel yang dispesialkan atau ditunjuk secara khusus, agar kesempatan populasi untuk menjadi sampel sama besar yang berjumlah 40 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian, angket sikap kerjasama dan tes passing dan stopping sepakbola. Hasil penelitian ini untuk sikap kerjasama post-test > pre-test = 102,18 > 101,60, artinya terjadi pengaruh sikap kerjasama sebelum dan sesudah menggunakan model cooperative learning dengan selisih 0,58. Selanjutnya hasil belajar post-test > pre-test = 13,13 > 10,40, artinya terjadi pengaruh hasil belajar sepakbola sebelum dan sesudah menggunakan model cooperative learning dengan selisih 2,73

https://doi.org/10.33222/juara.v1i2.23

References

C. Trihendradi. 2010. Step by Step SPSS 18 Analisis Data Statistik.Yogyakarta: C.V. ANDI

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Husdarta. 2011. Manajemen Pendidikan Jasmani. Bandung: ALFABETA.

Nuh, Mohammad. 2014. Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.Jakarta: KEMDIKBUD.

Nurhasan. Hasanudin. 2007. Modul Tes dan Pengukuran Keolahragaan.Bandung : Universitas Pendidikan Olahraga.

Rahmani, Mikanda.2014. Buku Super Lengkap Olahraga.Jakarta Timur: Dunia Cerdas.

Sugiyono. 2015. Metode penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sudjana, Nana. 2013. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Suyono, Haryanto. 2015. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tite, ddk. 2013. Model-model Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Downloads

Download data is not yet available.