APPLICATION OF DISCOVERY LEARNING MODEL IN IMPROVING STUDENTS' CREATIVITY SKILLS IN BADMINTON LEARNING MATERIALS

Abstrak

Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan keterampilan kreativitas pada materi pembelajaran bulu tangkis di kelas XI SMA Negeri 14 Garut. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan sampel 29 siswa kelas XI IPS 1. Instrumen yang digunakan adalah angket kreativitas gerak.
Analisis data tes menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning secara signifikan meningkatkan kreativitas siswa. Hasil penelitian ini berdasarkan data pra siklus, siklus I dan siklus II yang meliputi aspek kelancaran, keluwesan, keaslian, kedetailan dan kepekaan. Nilai rata-rata pada pra siklus sebesar 69,4, meningkat menjadi 78,379 pada siklus I, dan mencapai 89,3092 pada siklus II. Hasil per komponen menunjukkan peningkatan yang signifikan yaitu: kelancaran dari 74,4 (prasiklus) menjadi 88,85 (siklus II), fluiditas dari 72,1 menjadi 89,428, orisinalitas dari 68,9 menjadi 88,85, granularitas dari 70,8 menjadi 89,231, dan sensitivitas dari 60,9 menjadi 90,192. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran penemuan efektif dalam meningkatkan keterampilan kreativitas siswa pada materi bulu tangkis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran penemuan dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani.

https://doi.org/10.33222/jpess.v6i2.4148
PDF

Referensi

Hadi Hidayat. (2016). Meningkatkan kreativitas gerak siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani melalui senam irama di kelas III. 5(3), 248–253.
Putrayasa I Made, Syahruddin, dan I Gede Margunayasa. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, 2(1), 1-11.
Ratih, K., Utami, R. D., Fuadi, D., Mulyasih, S., Febriani, D., Asmara, S. F., Aprilianti, D. R., Rianti, A. W., Santiana, D., Rahmawati, H., Adlina, L. M., Rosyidi, B., & Hidayat, M. T. (2020). Penguatan Pendidikan Etika dan Karakter Peduli Lingkungan Sosial Budaya di SMP Muhammadiyah 10 Matesih, Karanganyar. Buletin KKN Pendidikan, 2(1), 44–49. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v2i1.10770.
Saefuddin, A. & Berdiati K. (2014). Pembelajaran Efektif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suharsimi, A. (2013) Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. bandung: Rineka CIPTA.
Suherman. (2018). Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan: Edisi Revisi 2018. Jakarta: Kemendikbud.
Suriyati. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIIB SMP Negeri I Kota Ternate Melalui Metode Tutor Sebaya Pada Materi Klasifikasi Mahluk Hidup. Jurnal Penelitian Guru Bijak Online Vol. 1, No. 1, ISSN 2512-5869.
Yulianto, A., Fatchan, A., & Astina, I. K. (2017). Penerapan model pembelajaran project based learning berbasis lesson study untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa (Doctoral dissertation, State University of Malang).
##submission.license.cc.by-sa4.footer##

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##