ICT Learning https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/ictlearning <p style="text-align: justify;"><em>ICT Learning</em> adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PTIK Universitas Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2015, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Mei dan Desember. Jurnal Ilmiah Educater memuat beragam disiplin ilmu pendidikan teknologi informasi dan komunikasi, terutama dalam lingkup media pembelajaran berbasis IT, IT untuk pendidikan, E-Learning, sistem informasi dan literasi digital. Tahun 2015 memperoleh ISSN cetak 2459-959X.</p> en-US hifnifitriah@umkuningan.ac.id (Hifni Fitriah Nur Janah) hifnifitriah@umkuningan.ac.id (Hifni Fitriah Nur Janah, M.Pd) Fri, 23 May 2025 07:03:40 +0000 OJS 3.1.2.1 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PADLET UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI 1 CIGUGUR https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/5023 <p>Kegiatan pembelajaran Biologi kelas X di SMA Negeri 1 Cigugur belum menerapkan Media pembelajaran yang bervariasi akibatnya minat belajar siswa terhadap pelajaran biologi rendah. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini memberikan alternatif bagi guru untuk mempermudah dalam menyampaikan pembelajaran dengan cara menerapkan Media pembelajaran yang dapat menarik minat siswa dalam belajar yaitu dengan aplikasi padlet. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Quasi-Experimental. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X11 dan X12 SMA Negeri 1 Cigugur. Selanjutnya dari populasi tersebut terdapat sampel masing-masing dari kelas X-11 dan X-12 berjumlah sebanyak 27 siswa jadi total sampel sebanyak 54 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Angket dan pemberian soal pretest posttest. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi Padlet berpengaruh terhadap minat belajar siswa dalam pembelajaran Biologi. Hal ini dapat dilihat dari kenaikan nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pre-test adalah 58,15 menjadi 82,59 pada pemberian posttest. Hal ini juga didukung dengan hasil uji hipotesis yang hasilnya adalah 0,033 kurang dari nilai Sig 0,05 menunjukan bahwa Media Pembelajaran Interaktif berbasis Padlet ini berpengaruh terhadap minat belajar siswa dalam pelajaran Biologi kelas X di SMA Negeri 1 Cigugur.</p> Tri Rizkiani Utami, Ahmad Fajri Lutfi Copyright (c) https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/5023 Thu, 01 May 2025 00:00:00 +0000 RANCANG BANGUN APLIKASI TRACER STUDY BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN CMS WORDPRESS https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4759 <p>Tracer study merupakan salah satu cara sekolah atau instansi untuk memperoleh data lulusan yang digunakan sebagai<br>masukan untuk perbaikan proses pembelajaran. Sekolah Menengah Kejuruan SMK Model Patriot IV Ciawigebang<br>telah melakukan tracer study sejak tahun 2017 dengan sistem online menggunakan media google form. Namun ada <br>beberapa masalah mengenai tracer study yang berjalan saat ini antara lain tidak adanya akun kusus yang dibuat oleh<br>pihak sekolah,selain itu pada sistem tracer study saat ini tidak ada notifikasi secara real-time sebagai pemberitahuan<br>bahwa kuisoner yang sudah disi oleh alumni, dan pembuatan laporan yang membutuhkan hitungan masih<br>menggunkan sistem perumusan melalui microsoft excel. Berdasarkan permasalah tersebut maka diperlukan sebuah<br>sistem terintegrasi yang dapat digunakan untuk mengelola tracer study SMK Model Patriot IV Ciawigebang yang <br>dilengkapi dengan fitur login, pendataan alumni, pembuatan kuisoner, pengisian kuisoner oleh alumni, notifikasi <br>secara real-time serta dapat digunakan oleh alumni kapanpun, dimanapun dan juga dilengkapi dengan metode<br>statistik deskriptif untuk penyajian datanya. Untuk proses pengerjaan tugas akhir ini menggunakan metode RUP<br>dengan tahapan Inception, Elaboration, Construction, dan Transition. Hasil dari penelitian ini adalah membantu <br>pihak Bimbingan Konseling (BK) SMK Model Patriot IV Ciawigebang memperoleh informasi tentang jumlah <br>pengisian kuisoner, banyaknya lulusan yang berkuliah bekerja atau wirausaha, Alumni yang jurusan atau pekerjaannya <br>sesuai, Alumni yang jurusan atau pekerjaan nya tidak sesuai, hasil kuisoner mengenai kualitas dan fasilitas belajar <br>mengajar, kampus atau tempat kerja penerima alumni terbanyak, kualitas alumni yang diolah menggunakan statistik<br>deskriptif dan Mengenai keterkaitan antara jurusan yang di ambil di SMK minat belajar atau bekerja dan kepuasan <br>jenis pekerjaan atau perkuliahan yang dihitung menggunakan chi square. Dan terdapat juga notifikasi secara realtime pada BK saat alumni selesai melakukan pengisian kuisoner.</p> Agun Hambali, Ipan Ripai Copyright (c) https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/ictlearning/article/view/4759 Fri, 23 May 2025 00:00:00 +0000