PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN KAHOOT! BERBASIS MULTIPLATFORM UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DALAM MATA PELAJARAN SIMULASI DIGITAL DI SMK MUHAMMADIYAH 3 KUNINGAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Kahoot!, (2) Untuk Mengetahui minat belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Kahoot!, (3) Untuk mengetahui perngaruh media pembelajaran Kahoot! terhadap siswa di SMK Muhammadiyah 3 Kuningan (4) Untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran Kahoot!. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif untuk mengukur minat belajar siswa pada mata pelajaran simulasi digital dan pengaruh respon peserta didik terhadap media pembelajaran Kahoot!. Sample pada penelitian ini adalah 5 siswa kelas X TKJ dan 9 siswa X TBSM SMK Muhammadiyah 3 Kuningan. Hasil penelitian ini diperoleh : (1) Minat belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Kahoot! yakni sebesar 73%, (2) Minat belajar siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran yakni sebesar 68%, (3) Media pembelajaran Kahoot! memiliki pengaruh terhadap meningkatnya minat belajar siswa di mata pelajaran simulasi digital, (4) ada respon yang baik dari siswa dalam kelas eksperimen terhadap media pembelajaran Kahoot! dengan skor 84% (Sangat Layak). Hasil pengujian hipotesis adanya perbedaan skor kelas eksperimen 5% lebih besar dibandingkan kelas kontrol, yang artinya ada pengaruh penggunaaan media pembelajaran Kahoot! terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Simulasi Digital.