PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KAHOOT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEJARAH INDONESIA DI MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMP NEGERI 2 CINIRU

  • Rania Ayu Insira Universitas Muhammadiyah Kuningan
  • Dena Latif Setiawan Universitas Muhammadiyah Kuningan

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang menggunakan metode eksperiment yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pembelajaran game Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada materi sejarah Indonesia kelas VIII di SMPN 2 Ciniru. Penelitian ini terdiri dari dua variable yaitu media game Kahoot sebagai variabel bebas dan hasil belajar siswa sebagai variable terikat, dengan menggunakan desain penelitian pretest dan posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 2 Ciniru yang berjumlah sebanyak 220 siswa. Sampel penelitian adalah kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 22 orang dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 19 orang. Data yang diperoleh analisis dengan statistic deskriptif memperlihatkan bahwa pada kelas pada kelas yang menggunakan media pembelajaran game Kahoot diperoleh hasil rata-rata pretest 45,26 dan posttest, sedangkan pembelajaran menggunakan metode ceramah diperoleh hasil belajar rata-rata pretest 41,81 dan posttest 59,54. Ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen adalah 89,5% sedangkan ketuntasan belajar siswa kelas control adalah 36,4%. Hasil uji hipotesis dengan Independent Samples T-Test diperoleh nilai signifikansi untuk pretest dan posttest p=0,000< α= 0,05. Hal ini berarti bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan demikian media pembelajaran game Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi sejarah Indonesia di SMPN 2 Ciniru.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2025-05-01
Section
Articles
Abstract viewed = 10 times
PDF downloaded = 9 times