PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA E-LERANING MENGGUNAKAN APLIKASI CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA
Abstrak
Tujuan dari Pendidikan adalah Proses pembelajaran dilaksanakan agar seseorang mempunyai pemahaman kognitif, psikomotorik, dan afektif sehingga akan lebih baik pada nantinya. Dalam hal ini dapat berperan aktif dalam proses pembelajaran tanpa harus selalu mengandalkan pengajaran dari guru.
Siswa pun bukan hanya bebas untuk belajar secara mandiri tetapi juga dapat mengukur kemampuan belajarnya dalam memahami dan menganalisis permasalahan saat proses pembelajaran. Salah satu permasalahan dalam pembelajaran setelah terjadinya learning loss akibat dari adanya pandemic corona adalah menurunnya hasil belajar siswa secara signifikan. Penelitian menggunakan desain pre eksperimen dengan metode one group pre-test-post-test design. Metode penelitian one group pretest posttest design merupakan penelitian menggunakan test diawal dan diakhir. Rata-rata nilai pretest yang diperoleh adalah 44,07 setelah dilakukan perlakuan mengalami kenaikan yaitu 75,55. Hal tersebut membuktikan bahwa adanya perubahan dari penerapan problem based learning dengan media e learning menggunakan aplikasi classroom. Maka dengan itu pemilihan model pembelajaran sangat berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa.