PENGARUH PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PAI DI KELAS VIII 3 SMPN 1 SASAK RANAH PASISIE
Abstract
Riset ini bertujuan mengukur pengaruh penggunaan pendekatan contextual learning and teaching (CTL) terhadap: 1) motivasi dan 2) hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII3 Sekolah Menengah Negeri 1 Sasak Ranah Pasisie, Pasaman Barat. Adapun jenis riset ini adalah kuantitatif deskritif. Sampel riset ini adalah peserta didik kelas VIII3 SMPN 1 Ranah Pasisie yang berjumlah 33 orang. Sampel tersebut diambil berdasarkan pada teknik purposive sampling. Data dianalisis secara statistik menggunakan model regresi korelasi. Hasil analisis data riset ini menunjukkan bahwa: 1) Terdapat hubungan yang signifikan antara pendekatan CTL dengan motivasi belajar yang dibuktikan dengan nilai rhitung (0,760) > rtabel (0,296) pada signifikansi 0.05, dan rhitung (0,760) > rtabel (0,4093) pada signifikansi 0.01, kemudian uji regresi sebesar 30% dengan R Square adalah 0.303. 2) Terdapat pengaruh pendekatan CTL dengan hasil belajar yang dibuktikan dengan nilai rhitung (0,753) > rtabel (0,296) pada signifikansi 0.05, dan rhitung (0,753) > rtabel (0,4093) pada signifikansi 0.01, kemudian uji regresi sebesar 51.9% dengan R Square adalah 0.519.