KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR GURU DENGAN KREATIFITAS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang kreatifitas siswa serta keterampilan dasa mengajar guru pendidikan agama Islam di SMK Islam Terpadu Fatahilah Kuningan kecamatan Ciawigebang kabupaten Kuningan.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan Metode Penelitian Survei yaitu penelitian/penyelidikan untuk memperoleh fakta-fakta atau gejala-gejala yang ada dan mencari keterangan secara faktual. Pendekatan dalam penelitian ini adalah Pendekatan Kuantitatif yaitu data yang diperoleh dan akan diolah yang berupa angka-angka dan membutuhkan pengujian statistik. Dan jenis penelitiannya adalah Penelitian studi korelasional yaitu penelitian untuk mempelajari hubungan dua variabel yakni sejauh mana variasi dalam satu variabel berhubungan dengan variasi dengan variabel lain. Adapun teknik pengumpulan data dalam hal ini dilakukan dengan kuisioner/angket. Hipotesis diuji dengan menggunakan uji analisis korelasional. Dan data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah data keterampilan dasar mengajar dan kreatifitas siswa.Setelah pengelolaan data dilakukan, dapat diketahui bahwa keterampilan dasar mengajar guru mendapatkan nilai sebesar 75% artinya keterampilan dasar mengajar guru PAI kelas XI di SMK IT Fatahilah Kuningan masuk dalam kategori Cukup Baik, kreatifitas siswa kelas XI SMK IT Fatahilah Kuningan sebesar 73,23%, artinya kreatifitas siswa kelas XI SMK IT Fatahilah Kuningan masuk dalam kategori Cukup Baik dan korelasi keterampilan dasar mengajar guru dengan kreatifitas siswa terdapat korelasi yang sangat rendah dengan nilai korelasi sebesar 0,04122 dan tidak signifikan karena nilai thitung (0,184654944) ≤ ttabel (1,725).
Downloads
References
Komariah.Aan , Satori, D. (2007). Metode penelitian kualitatif. Alfabeta.
Riyanto, Y. (2014). Paradigma Baru Pembelajaran. Kencana.
Soli, A. (1984). Keterampilan Membuka dan Menutup Pembelajaran. Ditjen Dikti.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
US, S. (2014). Aplikasi Statistika dalam Penelitian. smart.
Usman, M. U. (2007). Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosdakarya.