https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/issue/feed Jurnal ABDIMAS PAUD 2025-07-26T04:54:59+00:00 Ajeng Rahayu Tresna Dewi ajeng@upmk.ac.id Open Journal Systems <p style="text-align: justify;">Journal ABDIMAS PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal of Community Servises in Early Childhood Education is published twice a year, namely in June and December. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by Students, teachers, and educational practitioners. Journal ABDIMAS PAUD contains various disciplines especially in the scope of <strong>education, social humaniora, technology, ECE learning,&nbsp;policy,&nbsp;parenting,&nbsp;child protection and child nutrition and health.</strong></p> https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4773 PENINGKATAN KEMAMPUAN PARA GURU TK SEKECAMATAN LANGKE REMBONG DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM MERDEKA 2025-07-13T15:10:31+00:00 Fransiskus De Gomes degomesfransiskus@gmail.com Ignasius Febryanto R. Bora diodinhon@gmail.com Maria Irawati Woda diodinhon@gmail.com <p><em>Pengembangan Kurikulum Merdeka di TK seKecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai mengalami masalah. Para guru belum memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Solusi atas masalah ini adalah melakukan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menganalis karakteristik dan kebutuhan satuan pendidikan, merumuskan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, mengorganisasikan pembelajaran, merencanakan pembelajaran, dan menilai perkembangan anak. Metode kegiatan ini adalah learning by doing yang menggabungkan ceramah, diskusi, dan praktik. Subyek kegiatan adalah para guru Taman Kanak-kanak yang berjumlah 14orang. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan KOS dapat ditingkatkan melalui pengembangan konsep Kurikulum Merdeka, melaksanakan pelatihan dan bimbingan pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, serta pelatihan membuat asesmen perkembangan anak. Kemampuan untuk memahami kebijakan, hakikat, filosofi, struktur dan prosedur Kurikulum Merdeka akan memudahkan guru dalam mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan sesuai dengan konteks lembaganya. Saran yang perlu diperhatikan adalah para guru perlu meningkatkan keterampilannya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui pelatihan yang terus menerus.</em></p> 2025-07-02T01:47:11+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4845 PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DESA MELALUI PENGELOLA PAUD DESA 2025-07-13T15:10:56+00:00 Vivi Sufiati v.sufiati@gmail.com Arip Prehatiningsih Arip4846@gmail.com Ika Aprilia Kusumastuti ikaaprilia95@gmail.com <p><em>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan desa&nbsp; melalui pengelola PAUD. Sasaran pengabdian ini adalah pengelola PAUD Desa di Kabupaten Sukoharjo. Lembaga PAUD Desa di Kabupaten Sukoharjo digerakkan oleh perempuan desa. Pengelola PAUD Desa di Kabupaten Sukoharjo memiliki permasalahan dalam mengembangkan PAUD Desa. Permasalahan tersebut antara lain keterbatasan sarana bermain, dana untuk pembelajaran, sumber daya manusia (pendidik), dan pelatihan tentang PAUD. Permasalahan ini menjadi landasan dalam pelaksanaan pengapdian. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya pemahaman pengelola PAUD Desa pentingnya pemberdayaan perempuan &nbsp;melalui kolaborasi pendidik dan ibu peserta didik dalam pembelajaran di PAUD Desa. Pengelola PAUD antusias dalam kegiatan pengabdian dan berkomitmen untuk menerapkan model pemberdayaan perempuan desa.</em></p> 2025-07-02T01:52:34+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4884 MENJAGA MASA DEPAN ANAK MELALUI WARISAN BUDAYA PADA ANAK USIA DINI DAN MASYARAKAT DI KECAMATAN LEBAKWANGI KABUPATEN KUNINGAN 2025-07-13T15:11:23+00:00 Rita Kusumah rita25@upmk.ac.id Erna Juherna erna@upmk.ac.id Leni Nuraeni lenylenz@upmk.ac.id <p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya warisan budaya dalam membangun karakter dan masa depan mereka. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, pengenalan dan praktik permainan tradisional. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman anak-anak dan masyarakat tentang budaya lokal serta peran keluarga dalam mencegah bullying. Permainan tradisional juga membantu mengembangkan aspek fisik, sosial-emosional, kognitif, dan seni pada anak-anak. Kegiatan ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter melalui warisan budaya efektif diterapkan pada anak usia dini.</em></p> <p><em>&nbsp;</em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>permainan, tradisional, Pendidikan, karakter, budaya, lokal</em></p> <p>&nbsp;</p> 2025-07-02T01:54:09+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4889 EDUKASI KESADARAN ORANG TUA TENTANG PERLINDUNGAN ANAK USIA DINI DARI KEKERASAN DAN BULLYING 2025-07-13T15:12:04+00:00 Denok Dwi Anggraini denok@iainmadura.ac.id Nisa'el Amala nisaelamala@iainmadura.ac.id Fadilah fadilah@iainmadura.ac.id Annisa' Qurrota Aini annisaqa2755@gmail.com <p><em>Anak usia dini merupakan kelompok yang sangat rentan terhadap berbagai berntuk kekerasan dan bullying, baik secara fisik, verbal, maupun psikologis. Tindakan kekerasan dan bullying ini dapat berdampak negatif terhadap tumbuh kembang anak, baik dari segi emosional, sosial, maupun kognitif</em><em> leh karena itu, sangat penting untuk memberikan perlindungan yang optimal kepada anak-anak pada usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada orang tua mengenai pentingnya perlindungan anak dari tindakan kekerasan dan bullying. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu dimulai dari studi literatur dan analisis situasi, perancangan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan dilakukan melalui metode sosialisasi dan edukasi, yang mencakup ceramah interaktif serta diskusi tanya jawab bersama para orang tua. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa orang tua memperoleh pemahaman tentang yang lebih baik mengenai berbagai bentuk kekerasan dan bullying dapat terjadi pada anak, termasuk faktor penyebab, dampaknya, hingga langkah-langkah pencegahan dan perlindungan yang tepat untuk anak usia dini.</em></p> <p>&nbsp;</p> 2025-07-02T01:55:09+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4895 SOSIALISASI PENGARUH KEKERASAN TERHADAP ANAK USIA DINI PADA ORANG TUA MURID PAUD AL FALAAH 2025-07-17T16:17:01+00:00 Juju Juarsih jujujuarsih@gmail.com Eva Gustiana eva_psikolog@upmk.ac.id Mira Mayasarokh mira@upmk.ac.id Ajeng Rahayu Tresna Dewi ajeng@upmk.ac.id <p><em>Penyuluhan pengaruh kekerasan terhadap anak usia dini di PAUD Al-Falaah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang tua tentang pengaruh kekerasan terhadap anak usia dini di lingkungan keluarga. Penyuluhan dilakukan melalui presentasi, diskusi, dan simulasi dengan melibatkan 16 orang tua dan 16 anak. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa kekerasan dalam keluarga berdampak signifikan terhadap perkembangan psikologis sosial dan emosi anak. Faktor-faktor yang mempengaruhi kekerasan adalah konflik keluarga dan tekanan ekonomi. Penelitian ini merekomendasikan intervensi dini dan pencegahan kekerasan dalam keluarga melalui pendidikan orang tua dan dukungan sosial. </em></p> 2025-07-02T01:56:06+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4960 INTEGRASI PELATIHAN PENDEKATAN DEEP LEARNING DAN PEMBUATAN ALAT PERAGA EDUKATIF BERBASIS LOOSE PART BAGI GURU PAUD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI 2025-07-26T04:54:59+00:00 Nika Cahyati nika@upmk.ac.id Ajeng Rahayu Tresna Dewi ajeng@umkuningan.ac.id Mira Mayasarokh mira@upmk.ac.id Heti Triwahyuni triwahyuniheti@umkuningan.ac.id <p><em>Perkembangan ilmu pendidikan menuntut pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam, bermakna, dan kontekstual, terutama dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Kurikulum deep learning menawarkan pendekatan yang berpusat pada anak, menekankan proses eksploratif, reflektif, dan kolaboratif. Sementara itu, alat peraga edukatif berbasis loose part mendukung lingkungan belajar yang terbuka, fleksibel, dan merangsang kreativitas. Artikel ini memaparkan hasil kegiatan PKM yang bertujuan meningkatkan kapasitas guru PAUD melalui pelatihan kurikulum deep learning dan pembuatan alat peraga berbasis loose part. Kegiatan ini menghasilkan peningkatan pemahaman guru terhadap pendekatan pembelajaran mendalam serta kemampuan mereka dalam menciptakan dan menggunakan media belajar kreatif. Integrasi kurikulum deep learning dengan loose part terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih aktif dan kontekstual bagi anak-anak.</em></p> 2025-07-14T07:47:40+00:00 ##submission.copyrightStatement## https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4994 PEMBERDAYAAN PANTI ASUHAN AMANAH KOTA BANDUNG MELALUI PEMBUATAN PRODUK KINCLONG (KULIT JERUK NATURAL CIPTAKAN LINGKUNGAN OPTIMAL YANG NYAMAN DAN GO GREEN) 2025-07-22T06:06:36+00:00 Yuni Indriyani yuniindriyani@unpas.ac.id Arti Sri Rahayu arti.srirahayu@gmail.com <p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan anak-anak di Panti Asuhan Amanah Kota Bandung melalui pelatihan pembuatan produk pembersih ramah lingkungan bernama KINCLONG (Kulit Jeruk Natural untuk Lingkungan Bersih dan Hijau). Program ini mengangkat isu limbah kulit jeruk yang belum dimanfaatkan secara optimal dengan menggabungkan pengelolaan sampah dan pendidikan kewirausahaan sosial. Melalui pendekatan partisipatif, anak-anak belajar mengolah kulit jeruk menjadi pembersih alami, sekaligus memperoleh keterampilan praktis dan kesadaran lingkungan. Produk mendapat tanggapan positif, meskipun pemasaran masih terbatas. Proyek ini menunjukkan dampak edukatif, ekologis, dan sosial yang kuat, serta berpotensi dikembangkan menjadi usaha mikro berbasis komunitas yang berkelanjutan.</em></p> 2025-07-22T00:00:00+00:00 ##submission.copyrightStatement##