https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/issue/feedJurnal ABDIMAS PAUD2025-07-26T04:54:59+00:00Ajeng Rahayu Tresna Dewiajeng@upmk.ac.idOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">Journal ABDIMAS PAUD is a national scientific journal published by the Department of Early Childhood Education, Universitas Muhammadiyah Kuningan which contains the results of research that is raised from theoretical studies and results of research in the field of Early Childhood Education. Journal of Community Servises in Early Childhood Education is published twice a year, namely in June and December. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by Students, teachers, and educational practitioners. Journal ABDIMAS PAUD contains various disciplines especially in the scope of <strong>education, social humaniora, technology, ECE learning, policy, parenting, child protection and child nutrition and health.</strong></p>https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4773PENINGKATAN KEMAMPUAN PARA GURU TK SEKECAMATAN LANGKE REMBONG DALAM MENGEMBANGKAN KURIKULUM MERDEKA2025-07-13T15:10:31+00:00Fransiskus De Gomesdegomesfransiskus@gmail.comIgnasius Febryanto R. Boradiodinhon@gmail.comMaria Irawati Wodadiodinhon@gmail.com<p><em>Pengembangan Kurikulum Merdeka di TK seKecamatan Langke Rembong Kabupaten Manggarai mengalami masalah. Para guru belum memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan. Solusi atas masalah ini adalah melakukan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam menganalis karakteristik dan kebutuhan satuan pendidikan, merumuskan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan, mengorganisasikan pembelajaran, merencanakan pembelajaran, dan menilai perkembangan anak. Metode kegiatan ini adalah learning by doing yang menggabungkan ceramah, diskusi, dan praktik. Subyek kegiatan adalah para guru Taman Kanak-kanak yang berjumlah 14orang. Hasil kegiatan ini menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengembangkan KOS dapat ditingkatkan melalui pengembangan konsep Kurikulum Merdeka, melaksanakan pelatihan dan bimbingan pengembangan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan, serta pelatihan membuat asesmen perkembangan anak. Kemampuan untuk memahami kebijakan, hakikat, filosofi, struktur dan prosedur Kurikulum Merdeka akan memudahkan guru dalam mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan sesuai dengan konteks lembaganya. Saran yang perlu diperhatikan adalah para guru perlu meningkatkan keterampilannya dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka melalui pelatihan yang terus menerus.</em></p>2025-07-02T01:47:11+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4845PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DESA MELALUI PENGELOLA PAUD DESA2025-07-13T15:10:56+00:00Vivi Sufiativ.sufiati@gmail.comArip PrehatiningsihArip4846@gmail.comIka Aprilia Kusumastutiikaaprilia95@gmail.com<p><em>Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberdayakan perempuan desa melalui pengelola PAUD. Sasaran pengabdian ini adalah pengelola PAUD Desa di Kabupaten Sukoharjo. Lembaga PAUD Desa di Kabupaten Sukoharjo digerakkan oleh perempuan desa. Pengelola PAUD Desa di Kabupaten Sukoharjo memiliki permasalahan dalam mengembangkan PAUD Desa. Permasalahan tersebut antara lain keterbatasan sarana bermain, dana untuk pembelajaran, sumber daya manusia (pendidik), dan pelatihan tentang PAUD. Permasalahan ini menjadi landasan dalam pelaksanaan pengapdian. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan metode sosialisasi, pelatihan, pendampingan, dan evaluasi. Hasil kegiatan menunjukkan adanya pemahaman pengelola PAUD Desa pentingnya pemberdayaan perempuan melalui kolaborasi pendidik dan ibu peserta didik dalam pembelajaran di PAUD Desa. Pengelola PAUD antusias dalam kegiatan pengabdian dan berkomitmen untuk menerapkan model pemberdayaan perempuan desa.</em></p>2025-07-02T01:52:34+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4884MENJAGA MASA DEPAN ANAK MELALUI WARISAN BUDAYA PADA ANAK USIA DINI DAN MASYARAKAT DI KECAMATAN LEBAKWANGI KABUPATEN KUNINGAN2025-07-13T15:11:23+00:00Rita Kusumahrita25@upmk.ac.idErna Juhernaerna@upmk.ac.idLeni Nuraenilenylenz@upmk.ac.id<p><strong>Abstrak</strong></p> <p><em>Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengedukasi anak-anak tentang pentingnya warisan budaya dalam membangun karakter dan masa depan mereka. Metode yang digunakan adalah ceramah, tanya jawab, pengenalan dan praktik permainan tradisional. Hasil menunjukkan adanya peningkatan pemahaman anak-anak dan masyarakat tentang budaya lokal serta peran keluarga dalam mencegah bullying. Permainan tradisional juga membantu mengembangkan aspek fisik, sosial-emosional, kognitif, dan seni pada anak-anak. Kegiatan ini menunjukkan bahwa penguatan pendidikan karakter melalui warisan budaya efektif diterapkan pada anak usia dini.</em></p> <p><em> </em></p> <p><strong><em>Keywords: </em></strong><em>permainan, tradisional, Pendidikan, karakter, budaya, lokal</em></p> <p> </p>2025-07-02T01:54:09+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4889EDUKASI KESADARAN ORANG TUA TENTANG PERLINDUNGAN ANAK USIA DINI DARI KEKERASAN DAN BULLYING2025-07-13T15:12:04+00:00Denok Dwi Anggrainidenok@iainmadura.ac.idNisa'el Amalanisaelamala@iainmadura.ac.idFadilahfadilah@iainmadura.ac.idAnnisa' Qurrota Ainiannisaqa2755@gmail.com<p><em>Anak usia dini merupakan kelompok yang sangat rentan terhadap berbagai berntuk kekerasan dan bullying, baik secara fisik, verbal, maupun psikologis. Tindakan kekerasan dan bullying ini dapat berdampak negatif terhadap tumbuh kembang anak, baik dari segi emosional, sosial, maupun kognitif</em><em> leh karena itu, sangat penting untuk memberikan perlindungan yang optimal kepada anak-anak pada usia dini. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada orang tua mengenai pentingnya perlindungan anak dari tindakan kekerasan dan bullying. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu dimulai dari studi literatur dan analisis situasi, perancangan kegiatan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan. Kegiatan dilakukan melalui metode sosialisasi dan edukasi, yang mencakup ceramah interaktif serta diskusi tanya jawab bersama para orang tua. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa orang tua memperoleh pemahaman tentang yang lebih baik mengenai berbagai bentuk kekerasan dan bullying dapat terjadi pada anak, termasuk faktor penyebab, dampaknya, hingga langkah-langkah pencegahan dan perlindungan yang tepat untuk anak usia dini.</em></p> <p> </p>2025-07-02T01:55:09+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4895SOSIALISASI PENGARUH KEKERASAN TERHADAP ANAK USIA DINI PADA ORANG TUA MURID PAUD AL FALAAH2025-07-17T16:17:01+00:00Juju Juarsihjujujuarsih@gmail.comEva Gustianaeva_psikolog@upmk.ac.idMira Mayasarokhmira@upmk.ac.idAjeng Rahayu Tresna Dewiajeng@upmk.ac.id<p><em>Penyuluhan pengaruh kekerasan terhadap anak usia dini di PAUD Al-Falaah ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan pemahaman orang tua tentang pengaruh kekerasan terhadap anak usia dini di lingkungan keluarga. Penyuluhan dilakukan melalui presentasi, diskusi, dan simulasi dengan melibatkan 16 orang tua dan 16 anak. Hasil penyuluhan menunjukkan bahwa kekerasan dalam keluarga berdampak signifikan terhadap perkembangan psikologis sosial dan emosi anak. Faktor-faktor yang mempengaruhi kekerasan adalah konflik keluarga dan tekanan ekonomi. Penelitian ini merekomendasikan intervensi dini dan pencegahan kekerasan dalam keluarga melalui pendidikan orang tua dan dukungan sosial. </em></p>2025-07-02T01:56:06+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4960INTEGRASI PELATIHAN PENDEKATAN DEEP LEARNING DAN PEMBUATAN ALAT PERAGA EDUKATIF BERBASIS LOOSE PART BAGI GURU PAUD UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ANAK USIA DINI2025-07-26T04:54:59+00:00Nika Cahyatinika@upmk.ac.idAjeng Rahayu Tresna Dewiajeng@umkuningan.ac.idMira Mayasarokhmira@upmk.ac.idHeti Triwahyunitriwahyuniheti@umkuningan.ac.id<p><em>Perkembangan ilmu pendidikan menuntut pendekatan pembelajaran yang lebih mendalam, bermakna, dan kontekstual, terutama dalam pendidikan anak usia dini (PAUD). Kurikulum deep learning menawarkan pendekatan yang berpusat pada anak, menekankan proses eksploratif, reflektif, dan kolaboratif. Sementara itu, alat peraga edukatif berbasis loose part mendukung lingkungan belajar yang terbuka, fleksibel, dan merangsang kreativitas. Artikel ini memaparkan hasil kegiatan PKM yang bertujuan meningkatkan kapasitas guru PAUD melalui pelatihan kurikulum deep learning dan pembuatan alat peraga berbasis loose part. Kegiatan ini menghasilkan peningkatan pemahaman guru terhadap pendekatan pembelajaran mendalam serta kemampuan mereka dalam menciptakan dan menggunakan media belajar kreatif. Integrasi kurikulum deep learning dengan loose part terbukti mampu menciptakan pengalaman belajar yang lebih aktif dan kontekstual bagi anak-anak.</em></p>2025-07-14T07:47:40+00:00##submission.copyrightStatement##https://jurnal.umkuningan.ac.id/index.php/AbdimasPAUD/article/view/4994PEMBERDAYAAN PANTI ASUHAN AMANAH KOTA BANDUNG MELALUI PEMBUATAN PRODUK KINCLONG (KULIT JERUK NATURAL CIPTAKAN LINGKUNGAN OPTIMAL YANG NYAMAN DAN GO GREEN)2025-07-22T06:06:36+00:00Yuni Indriyaniyuniindriyani@unpas.ac.idArti Sri Rahayuarti.srirahayu@gmail.com<p style="text-align: justify;"><em>Penelitian ini bertujuan untuk memberdayakan anak-anak di Panti Asuhan Amanah Kota Bandung melalui pelatihan pembuatan produk pembersih ramah lingkungan bernama KINCLONG (Kulit Jeruk Natural untuk Lingkungan Bersih dan Hijau). Program ini mengangkat isu limbah kulit jeruk yang belum dimanfaatkan secara optimal dengan menggabungkan pengelolaan sampah dan pendidikan kewirausahaan sosial. Melalui pendekatan partisipatif, anak-anak belajar mengolah kulit jeruk menjadi pembersih alami, sekaligus memperoleh keterampilan praktis dan kesadaran lingkungan. Produk mendapat tanggapan positif, meskipun pemasaran masih terbatas. Proyek ini menunjukkan dampak edukatif, ekologis, dan sosial yang kuat, serta berpotensi dikembangkan menjadi usaha mikro berbasis komunitas yang berkelanjutan.</em></p>2025-07-22T00:00:00+00:00##submission.copyrightStatement##